--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kembali ke laptop, jadi minimal kita bersetuju dimana?
>
> Lina: Jelas, dalam dunia (materialis) ini, orang ini menggunakan
> akal sehingga dia tidak "dihinakan" (sesuai dengan QS10:100). Lalu
> apakah orang ini termasuk orang yang "tidak diselamatkan" karena
> tidak mukmin?
>
> Herni: Sebenarnya, keputusan "diselamatkan atau tidak" ini masuk
hak
> eksklusifnya Allah bukan ya?
>
> Aku yakin, tanpa bertanya ini pun, kita semua setuju
> bahwa 'keselamatan hanya Allah yang berkehendak insha allah'.
> [...]

Dear Mbak Mia,
Kalau kita berusaha mengambil hikmah dari perdebatan/diskusi ini,
bagaimana?

Sebetulnya saya sedang bertanya (belajar) kepada Ki Bina yang
konteksnya pada ayat2 yang sudah disebutkan saja.

Seperti pertanyaan saya kepada pak Chodjim tentang definisi wahyu
dan ilham (menurut pak Chodjim). Saya sadari bahwa saya tidak
sepaham dengan makna yang diberikan pak Chodjim. Namun saya hanya
ingin mengerti mengapa pak Chodjim berpendpat demikian (dimana saya
merasa aneh)dalam hal2 tertentu. Oh akhirnya saya dapat mengerti
mengapa pak Chodjim berpendapat demikian karena pak Chodjim punya
definisi yang beda dgn yang saya pahami. Akhirnya, pendapat pak
Chodjim itu tidak menjadi aneh lagi buat saya. Saya menjadi maklum
dan saya mendapat hikmah dan pembelajaran.

wassalam,

Kirim email ke