Mbak Lina,

Sebenarnya, keputusan “diselamatkan atau tidak” ini masuk hak eksklusifnya
Allah bukan ya?

Kalaupun ada penjelasan mengenai hal ini, lebih bersifat menelaah (dng
menggunakan “akal” juga sih) akan maksud2 tersirat dari yg tersurat.

Menebak2 keputusan atau “pendapat” Allah gimana dalam hal ini. Ke-ketat-an
metodologi dan konsep tetap diperlukan, tapi pada akhirnya...

siapa yang tau bahwa kita masuk golongan yg diselamatkan atau tidak
nantinya?

Emang hobi manusia untuk menebak2 yg gak keliatan kali ya.

A dangerous “mind-playing”.. berpotensial untuk keterusan jadi tuhan-tuhan
kecil.

Tapi di sisi lain, perlu ada counter-pemikiran dalam hal ini juga.

Jadinya, debat antar tuhan-tuhan kecil... hehe.

Pikiran awam aja sih. Makanya, mohon pencerahannya juga :-)

Wassalam,