Itulah dia, harus ada tanggungjawab moral.
Kalo sanggup beli mobil, beli pula BBM yg gak disubsidi. Pertamax setahu saya
adalah premium yg tanpa subsidi.
Risikonya begitu. Kalo harga BBM mahal kan otomatis bisa belajar berhemat.
Saya baca, di indonesia polusi akibat pemilikan kendaraan sudah paling tinggi
di dunia.
Harga premium subsidi di Indonesia sangat murah dibandingkan Timor Leste,
Vietnam Kamboja.
Akibatnya kan banyak premium itu diselundupkan.
Yg punya duit untuk beli banyak BBM subsisi untuk diselundupkan itu kan orang2
kaya.
Indonesia dah mending harga BBMnya diatur pemerintah, murah pula. Di Singapura,
Thailand harga mengikuti pasar.
Pula pemakaian BBM di Indonesia kata pemerintah dan bank Dunia, yg menikmati
BBM subsidi justru paling banyak
adalah golongan menengah keatas [ yg punya kendaraan], orang miskin hanya 1%
saja.
Teman saya yg kerja di perakitan mobil, justru juga bilang pemasaran mobil2 di
Indonesia itu cepat.
Mobil baru diiklankan, sudah banyak yg kasih DP meski mobilnya baru masuk
beberapa bulan kemudian.
Gonta ganti mobil seperti ganti seprei, sering.
Banyak mobil2 eksklusif- limited edition- yg masih senang pakai BBM subsidi.
Di Singapura saja mobil2 masih banyak yg model dan tahun lama.

Jadi kalo ada demo2 anti kenaikan harga BBM subsidi, demo itu untuk membela
sapa?
Lha wong yg paling banyak pake BBM subsidi itu justru bukan  orang miskin.
:-(

Salam,
l.meilany