Dear Mas Agus,

Kalaupun kenyataannya begitu, tetap tidak mengubah masalahnya
ada di pemilik kartu kredit (cc).. bukan di cc.. itu faktanya kan bos..

Well, mungkin ada beberapa kasus, bank penerbit suka rese..
dengan melihat beberapa keluhan surat pembaca soal penawaran
cc yang agresif atau keluhan lain.. meskipun ada sebagian kecil
keluhan" bukan kesalahan pihak bank tapi ke-belum paham-an
atau ke-tidak jeli-an pemilik cc sendiri..

Saya sendiri bukan siapa".. jadi merasa belum bisa ngajarin orang
banyak untuk mengelola cc mereka.. paling tidak, saya cuma bisa
sharing pengalaman pake cc di milis.. masih males ngisi blog.. :-p

Intinya, yang paling perlu dibenahi saat ini adalah dari sisi pemahaman
dan niat baik (kawannya 'moral hazzard') para pemilik/peminat cc..
apakah mereka paham betul dengan pengelolaan cc tanpa mencekik
leher mereka.. atau sebaliknya, tidak paham atau punya niat kurang
baik, dan mereka hanya menyalahkan cc dan bank penerbit..

CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K