2008/7/31 Fani Noviyani <[EMAIL PROTECTED]>:
> Assalamualaikum,
>
> Bukankah syarat utama berpoligami adalah mendapat ijin dari istri pertama dan
> bisa berbuat adil?

Mbak, pertama syarat mendapat ijin itu adalah syarat menurut
undang-undang negara. Menurut fikih tidak ada. Ketika Rasulullah saw
pulang perang bawa istri baru, tidak perlu memberitahu, apalagi minta
ijin istri-istri lainnya. Pantes aja ada istri beliau yang cemberut .
Wajar, manusiawi.
Kedua, syarat adil itu tergantung definisinya. Yang umum adalah adil
dalam menafkahi lahir batin. Nafkah berupa belanja rumah tangga sesuai
proporsinya. Nafkah berupa menyinggahi kediaman istri sesuai
proporsinya. Ironisnya, dalam fikih suami poligamor wajib singgah di
rumah istri-istrinya secara adil dan merata, tapi tidak ada kewajiban
untuk berhubungan intim. Sebaliknya istri-istri tersebut harus selalu
siap sedia.

> Apa laki-laki yg berpoligami benar2 memperhatikan hal tsb? benar2
> mempertimbangkannya?
> Menurut saya yg Maha adil itu hanya milik Allah SWT...
> Adil bagi manusia itu seperti apa sih?

> Itu point pertama...point kedua...apa benar ijin dari istri pertama itu
> benar2 ijin yg ikhlas dari hatinya? apa tidak ada unsur intimidasi tertentu?
> Banyak pula yg benar2 tidak diijinkan istri pertamanya, "mereka" tetap saja
> menikah lagi dgn wanita lain...

Ada ijin yang "terpaksa" ikhlas (lho ikhlas kok terpaksa) diberikan
setelah "kejadian," fait accompli.
Ada ijin yang diberikan karena besarnya ketergantungan istri kepada
suami. Ketergantungan ekonomi, ketergantungan status, dll.
Ada istri yang aktif mencarikan madu buat suaminya. Apa ini gambaran ikhlas?

Bbrp tahun lalu, ustadz st sabri pernah menguraikan soal perijinan ini
dengan mengutip pendapat ulama besar Syaikh al-Banjari yang
mensyaratkan ijin istri diberikan di depan keluarga besar istri. Apa
suami masih punya nyali berhadapan dengan mertua dan keluarga besar
lainnya? Entah apa masih relevan sistem tribal, persukuan, kabilah
model begini.

> Menurut saya poligami adalah bentuk legalitas dari perselingkuhan, legalitas
> dari ketidaksetiaan, legalitas dari besarnya "nafsu duniawi"...

Wow, well said, Sister.
Bakal rame dah diskusi soal ini :)

salam,
=DwS