lebih akuratnya, seingat saya, Uskup Desmond Tutu, pemenang Nobel
Perdamaian dari Afsel, yang mengecam Israel sebagai "apartheid."
Bahkan menurutnya lebih parah daripada apartheidnya Afsel.
Uskup Tutu jadi sasaran protes di Amerika akibat pernyataannya, dan
beberapa universitas didesak membatalkan undangan kepada Uskup Tutu
untuk berbicara di sana.

Selain itu mantan Presiden AS Jimmy Carter juga menulis buku
"Palestine, Peace not Apartheid." Sama juga, Carter dihujani hujatan
"anti-Semitism," dan terakhir tidak diberi kesempatan bicara dalam
Konvensi Partai Demokrat Agustus lalu yang mencalonkan Barack Obama.