Upaya untuk menjelaskan hubungan antara yang fisik dan psikis secara ilmiah kan
kini sudah makin banyak dilakukan. Kini sudah ada kajian seperti halnya
psikoneuroimunologi. Kondisi jiwa yang tenang akan berpengaruh pada proses di
otak sehingga diproduksi zat-zat biokimiawi yang berpengaruh positif pada
kesehatan. Pengaruh doa-doa baik dan sebagainya itu mungkin bekerja lewat jalan
yang sama. Studi terhadap pengaruh tahajud atau wirid terhadap imunitas sudah
dilakukan di beberapa sentra. Semua ini tentu akan sangat membantu pengobatan
secara konvensional. Kalau menyembuhkan langsung rasanya kok tidak, tetapi
lebih tepatnya adalah memberikan kondisi agar proses penyembuhan dapat terjadi
atau dapat ditingkatkan.

MZ