ISMAIL-091017 Assalamu'alaikum wr. wb.

Terima kasih mabak Aisha dan penjelasan Mas Suryawan, bagus sekali

Kami sangat gembira di forum ini kalau ada kasus jilbab perdebatan sangat seru
sampai kemana2.

Mudah2an disini hidayah Allah swt. sudah dekat bagi saudari2 kita yang masih
ragu dengan jilbab, segera yaqin bahwa jilbab wajib dan segera takut akan
peringatan Allah swt. semakin dekat - sebagaimana gempa dari Padang semakin
dekat ke Ujung Kulon ..apakah oeringatan semakin dekat ..wallahu a'lam ...

Memang kita tak bisa langsung menjudgetment wanita tempo dulu - atau wanita2
Iran, karena dua hal :

1.  Ilmu wajib dan benar dalam jilbab belum sampai kepada mereka
2.  Ilmu sudah sampai tetapi masih ragu2 karena tiupan Syaithan melalui
Cendekiawan Islam yang mungkin menyamar jadi Islam membolehkan wanita tak
berjilbab tutup aurat ..

Oleh karena itu kami hanya menasihati saj, bahwa jilbab itu wajib berdasar Al
Qur'an dan Hadits, tapi selanjutnya terserah anda mau percaya atau tidak, bukan
tanggung jawab kami lagi, tetapi Allah swt. Maha Menyaksikan bahwa anda sudah
mendengar nasihat kami dan kami sudah menyampaikan kewajiban berjilbab wanita
muslimah ... Karena semua penilaian amal pengabdian seseorang yang beriman,
sampai ke vonis pengadilan Hari Akhir ... ditangan Allah swt...

Tidak ada manusia yang bisa mengatakan " kamu sudah beriman " atau " kamu belum
beriman ", kecuali dirinya sendiri tetapi kemudian dibenarkan oleh Allah swt.

Perbedaan dalam Islam - dari debat tentang jilbab seperti ini, sampai kepada
perbedaan yang besar : Mazhab2 dalam Islam yang ada perbedaan2 tidak terlalu
prinsip yang menyalahi Rukun Islam dan Rukun Iman : " Adalah Rahmat Allah swt
", semuanya sungguh karunia yang luar biasa ... karena ada hikmah dibalik
perdebatan ..yaitu kita saling mendapat masukan satu sama lain dan kalau kita
kembali pada Al Qur'an dan Al Hadits ..itulah yang benar ... tidak terus
ngotot2an menurut pendapat sendiri ..

Itulah dia yang namanya AGAR MANUSIA TIDAK MENYOMBONGKAN DIRI - Karena Allah
swt. sangat membenci kesombongan ... karena itu kembalilah pada Al Qur'an dan
Al Hadits agar tidak sombong ...apabila sampai terjadi debat seperti ini.

Sombong itu luas sekali maknanya ..makanya kita harus takut - setitik kata
kadang2 terlupa nbsa dimaknai sebagai kesombongan .. merasa golongan kita (
atau Mahzab kita ) yang terbaik dalam Islam ini ....sampai dengan sifat
kikirpun ..menjadi sombong ..kalau kita tahu bahwa uang atau kekayaan kita
sesungguhnya milik Allah swt. bahkan diri kitapun milik Allah swt....

Itulah dia yang namanya setiap apa2 yang ada dan terjadi didunia itu, Allah
swt. senantiasa bermaksud ingin menguji manusia jangan sampai menjadi sombong (
maaf ) karena susah sekali dinasehati tak mau pakai2 jilbab misalnya .. ...
ujian bagi kita termasuk diskusi kita2 ini ..

Ingatlah didalam Al Qur'an ada suatu ayat menyatakan bahwa SESUNGGUHNYA MANUSIA
ITU ADALAH MAKHLUK YANG PALING SUKA MEMBANTAH ,,

Jadi sebaiknya agar lebih yaqin lagi soal JILBAB PENUTUP AURAT ,,, kita
senantiasa kembali ke Al Qur'an saja, baca baik2, tanya ulama tafsir2nya atau
tanya ke guru mengaji kita ..Insya Allah petunjuk Allah akan segera datang
..amiin

Mohon maaf, saya mungkin masih bodoh, banyak kata2 saya selama ini yang
terlanjur dinilai takabur dan sombong karena kadang2 tidak sadar ...hanya Allah
swt. Yang Maha Pandai .. Astaghfirullahal Adzhiim ...

Wallahu a'lam bish shawwab .. / ISMAIL