> papabonbon <masar...@...> wrote:
> ke balinya jangan cuma ke kuta, fero dear.  main ke ubud, bedugul,
> singaraja, menyusuri desa desa tradisional di bali selatan atau
> bali utara, main ke terasering sawah sawah di tabanan.  dingin itu
> .... :D  jilbab perlu banget di pake.  kendati di desa desa
> tradisional bali basih ada yang masih
> buka dada. kalau ada orang asing cepet cepet deh di tutup. :)
> jadi gara gara orang asing sih .... tradisi terkikis.

Saya jadi ingat, gara-gara tradisi buka-dada di Bali ini, teman saya jadi sakit
flu. Ceritanya di tahun 1981, saya dan teman saya survai di daerah sekitar
Negara Bali. Waktu itu musim kemarau, jadi banyak orang mandi di sungai. Tahu
saya dan teman terbengong-bengong melihat orang bali mandi, si sopir mobil yang
saya carter, mungkin untuk menyenangkan, mengajaknya mandi di Sungai, tidak di
penginapan. "Bakal asyik", katanya.

Saya sih males, cuma teman saya ini menerima ajakan sang supir yang bali asli
ini. Dia pergi dari penginapan sekitar jam setengah 5 sore, dan baru balik lagi
 ketika hari mulai gelap (waktu itu Bali masih WIB). Dia muncul  dengan penuh
"penderitaan" bersin terus dan menggigil kedinginan.

Cerita punya cerita, ternyata waktu dia mau  nyemplung ke sungai dengan memakai
celana dalam, orang orang yang mandi disungai yang semuanya telanjang bulat,
memandangnya dengan penuh curiga. Si sopir menyarankan itu cd dilepas saja,
biar tidak jadi perhatian orang-orang. Menurut, begitu lepas, langsung meloncat
ke sungai yang tidak terlalu dalam, terpaksa agak berjongkok berendam disana.
karena tidak biasa melihat yang terbuka terbuka, ada bagian badan yang tidak
bisa diajak kompromi, langsung bereaksi. Ini yang mengakibatkan dia tidak bisa
mengakhiri mandinya. Sedangkan yang mandi gonta-ganti, anggota badan yang susah
menurutnya itu, juga terus-terusan bereasksi. Terpaksa dia menunggu hari jadi
gelap, baru berani ke pinggir sungai.

Akibatnya, keesokan harinya, waktu harus kerja lagi ke lapangan, dia hanya
meringkuk saja di tempat tidur, badannya demam ....

Salam,
WALUYA

Kirim email ke