Kalau merujuk pada pendapat yang bilang bahwa* "orang Baduy adalah
masyarakat sekitar kerajaan Banten yang melarikan diri ke Leuwidamar karena
menolak pengaruh agama Islam dari Cirebon"*, berarti pendapat tersebut bisa
juga *disinyalir* kalau orang Serang pada masa abad sebelum abad 15
menggunakan bahasa Sunda (kasar). Walaupun, kalau ditanya ke orang Baduy,
mereka menolak pendapat tersebut, mereka mesti jawab, "kami mah keturunan
Adam, dari dulunya sudah ada disini (Leuwidamar)".

--
"lebih baik menyalakan lilin, daripada mencela kegelapan"

Kirim email ke