I ever meet with Mrs.Rahardo.....

________________________________
From: WongBanten <jaya_sant...@yahoo.com>
To: WongBanten@yahoogroups.com
Sent: Sun, April 11, 2010 8:18:52 PM
Subject: Re: [WongBanten] maklumat rakyat Banten nih

Yang tercatat sebagai Sultan Banten terakhir adalah SULTAN  MAULANA MOH.
SAFIUDDIN. Beliau sekeluarga banyak dituliskan di asingkan di Surabaya.

Surabaya bukan tempat pengasingan oleh Belanda. Masih banyak tempat untuk
pengasingan oleh Belanda. SULTAN  MAULANA MOH.  SAFIUDDIN "diasingkan" Belanda
dengan tidak mencabut hak-haknya sebagai Sultan. Beliau di Surabaya
berinteraksi dengan baik dengan pejabat-pejabat dari daerah Surabaya dan
Madura. Salah satu keturunannya menikah dengan
petinggi di Madura dan salah seorang lagi menikah dengan orang Perancis.

Bahkan Mahkota / Momolo Banten sempat dibawa ke Surabaya lengkap dengan
simbol-simbol kebesaran Kesultanan beserta pakaian resmi Kesultanan Banten.

Keturunan beliaulah yang menyerahkan Mahkota / Momolo Banten kepada Musium
Pusat. Hingga saat ini simbol kebesaran Kesultanan beserta
pakaian resmi Kesultanan Banten masih dapat dilihat dikediaman IBU RATU AYU
MINTOROSASI MAHAYANTI
HENDRAWARDANI di Serpong Tangerang.

Salah satu putranya bekerja di SPIJ dan salah satu putranya juga hidup jauh
dari kemakmuran di Serang. Beliau sering disapa dengan Rahardjo. Hidup di rumah
sederhana sesekali mendatangi kerabat, kenalan ataupun dinas/instansi yang
diharapkan mampu meneruskan kehidupan dan pemikirannya serta cita-citanya.

Secara darah keturunan maupun historis, keturunan SULTAN  MAULANA MOH.
SAFIUDDIN adalah pewaris yang paling kuat dalam silsilah Kesultanan Banten.

Apapun kenyataan pada masa lampau adalah pembelajaran yang sangat mahal bagi
kita semua.

Tabik