Perlu diperjelas lebih dahulu apa yang dimaksud dengan MISTISISME. Karena di
Katolik Roma ada buku SADHANA, yang berbicara tentang meditasi cara Katolik.
Apakah yang dimaksud mistisisme sama dengan penghayatan religius? Karena
penghayatan religius dimiliki oleh semua manusia, bahkan orang2 ateispun tak
kalah berat penghayatan religiusnya dengan apa yang mereka percayai, yaitu
mereka sangat percaya bahwa tuhan itu tidak ada. Itupun penghayatan religius
juga.

--- In zamanku@yahoogroups.com, "mediacare" <mediac...@...> wrote:

> Boleh tahu Mas Aryo ambil studi apa dan kuliah dimana? Apakah Anda Islam atau
> Kristen?
> Kenapa tertarik menyusun thesis tentang mistisisme Jawa dan Kristen?
>
> Setahu saya, sekadar menambahkan, semua agama Samawi (agama langit)/Semitis -
> baik itu Yahudi, Kristen maupun Islam - menutup pintu erat-erat unsur
> mistisisme. Ingat di Eropa pada zaman kegelapan (dark age) orang-orang yang
> bisa meramal, penujum, dukun, tukang tenung, dan lainnya ditangkapi, dibui,
> lalu disiksa bahkan dibakar?

> [...]

Kirim email ke