Apakah yang dimaksud dengan Mistisisme itu?
Mencari pengalaman mistis, atau mencari Tuhan? Ini kedua hal yang berbeda. Jika
mencari pengalaman mistis, maka leonardo rimba mempunyai jawab bahwa "tuhan"
itu ada di bawah pusar alias kundalini, yang bisa dirasakan dengan meditasi
tehnik tertentu. Tapi apakah meditasi versi leonardo itu adalah mistisisme
seperti yang anda maksud?
Karena mencari pengalaman mistis dengan roh-roh gaib juga bisa. Bahkan roh gaib
itu akan membisikkan kepadamu bahwa dialah "tuhan" itu. Karena gaib, maka orang
yang tak bisa melihatnya langsung percaya telah diberi pengalaman mistis dan
telah bertemu dengan "tuhan".

Jadi, perjelas lebih lanjut, apa yang kamu cari, Ary...