Boleh tahu Mas Aryo ambil studi apa dan kuliah dimana? Apakah Anda Islam atau
Kristen?
Kenapa tertarik menyusun thesis tentang mistisisme Jawa dan Kristen?

Setahu saya, sekadar menambahkan, semua agama Samawi (agama langit)/Semitis -
baik itu Yahudi, Kristen maupun Islam - menutup pintu erat-erat unsur
mistisisme. Ingat di Eropa pada zaman kegelapan (dark age) orang-orang yang
bisa meramal, penujum, dukun, tukang tenung, dan lainnya ditangkapi, dibui,
lalu disiksa bahkan dibakar?

Memang ada aliran sempalan dari agama-agama tersebut yang percaya hal-hal
mistis, tapi itu minoritas dan  entah di Indonesia ada atau tidak.

Ada satu celah yang menurut saya lemah pada thesis Anda, yaitu:

1. Kenapa Jawa dan Kristen? Kenapa bukan Jawa dan Islam? Mengingat pemeluk
Islam adalah mayoritas di negeri ini? Kalau penelitiannya di Eropa, baru cocok
ambil Kristen.

2. Kenapa menggunakan istilah mistisisme? Bagi penganut spiritualisme Jawa atau
Kejawen, pasti  akan tersinggung dengan istilah tersebut. Saya yang ber-KTP
Islam juga agak kurang suka membacanya. Sepertinya - baru dugaan saya saja - di
thesis Anda bakal memojokkan kehadiran aliran spiritual yang non-Samawi, atau
ingin memojokkan Kristen. Menurut mereka yang menganut Kejawen, apa yang mereka
yakini adalah bukan hal yang mistis.  Penganut Kejawen juga tak semuanya
percaya pada hal-hal mistis.

Sekian dulu komentar dari saya.

Salam,

Radityo