On  0, Arief M Utama <m...@arief-mulya.com> wrote:

> Pertanyaan yang sering timbul belakangan ini, mencermati
> perkembangan2 yang ada,
>
> apakah Debian (dan distro lainnya) masih relevan?
>
> Dominasi RedHat dalam membangun building-blocks-nya linux, membuat
> distro2 lain almost have no choice (or no resources) but to follow.
> Pengecualian saat ini mungkin tinggal Canonical.
>
> Thoughts and Opinions?
>

> All the best.
> -arief

Menurut saya, kontribusi untuk Linux tidak sebatas upstream dengan
menyumbang source code atau desain sistem. Banyak hal lain yang bisa
diberikan. Ada banyak pemakai Linux dengan kebutuhan dan selera yang
berbeda-beda, jelas kebutuhan mereka tidak akan bisa sepenuhnya
terpenuhi hanya dengan RedHat atau Ubuntu.

Peran distro yang utama bukanlah sebagai kelompok upstream developer,
tetapi sebagai 'packager' atau 'tukang jahit' yang mengemas
bermacam-macam software menjadi sebuah sistem yang disesuaikan untuk
kebutuhan pengguna tertentu.

CMIIW

--
私が君を照らす明りなるから