Apa kebetulan yah bung Ardhi pake contoh yg bagus ini? Benar,
Machiavelli adalah contoh baik yang terpaksa harus jadi jahat utnuk
idealnya yang baik.

Machiavelli adalah seorang humanist, republikan sejati, dan pencinta
kebebasan, yg lagi frustasi lihat negaranya (Florence) lagi diujung
kehancuran. Untuk dia semua hal harus jadi halal untuk mempertahankan
Florence nya.

Buat Machiavelli tyran adalah solusi sementara. Sayangnya solusi
sementara sering jadi keterusan.

Cheer
Enda

--- In AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com, Ardhi Djuharman
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dan saya jadi teringat kutipan nasehat dari Machiavelli
> kepada keluarga Medici sebagai berikut:
>
> "Orang yang ingin berbuat baik dalam segala hal pasti akan kecewa
berada di
> antara begitu banyak orang yang tidak baik. Dengan demikian adalah
penting
> untuk belajar menjadi orang yang tidak baik, dan belajar menggunakan
atau
> tidak menggunakan pengetahuan ini sesuai dengan situasi dan kondisi yang
> ada."
>
> salam,
> [...]

Kirim email ke