Sayangnya, ada satu hal yang dilupakan dalam premis tersebut yang masih
merupakan pernyataan terbuka "true" or "false". Yaitu: "penutupan century
berdampak luas pada perekonomian"

Faktanya, Lehman
Brother juga CAMEL-nya hancur dan layak ditutup, TETAPI benar-benar
"diijinkan" bangkrut. Dan akibatnya malah terjadi krisis perbankan
global.

Jika ingin bereksperimen dan coba-coba, silahkan
menggunakan data-data listed banks di Indonesia di saat ekonomi global
mengalami penurunan, lakukan event study atas berbagai "bad news" yang
muncul di pasar waktu itu. Anda lihat bagaimana total risk, systematic
risk (bukan systemic risk), unsystematic risk, dan bank stock return
bereaksi terhadap "bad news" tersebut. Karena eksperimen ini tidak
hanya melibatkan Century, kita bisa memandang bahwa ini mewakili
kondisi sistem finansial Indonesia yang diwakili oleh listed banks.
Apalagi market share listed banks, kalau dihitung-hitung melebihi 60%
dari total aset banking system di Indonesia.

Setelah
melakukan event study, dan menemukan bahwa indikator-indikator
tersebut  bereaksi buruk terhadap "bad news" yang ada, maka risiko
sistem finansial kita meningkat, sehingga Century layak diselamatkan.
Kalau anda menemukan sebaliknya, bisa mengajukan rekomendasi ke
pemerintah bahwa penyelamatan Century adalah langkah yang keliru.
Tetapi kalau itu terjadi, model anda bisa jadi salah atau metode yang
anda gunakan tidak robust.