From: prastowo prastowo <sesaw...@yahoo.com>
Subject: Bls: [Keuangan] Re: Chatib Basri: Jangan Pertaruhkan  Perekonomian
Indonesia
To: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Date: Monday, December 21, 2009, 1:25 PM

      Dan mengambil alih kepemimpinan politik suka tidak suka harus melalui
jalur politik, yakni berpartai. Sebaiknya tidak perlu dipertentangkan apakah
harus profesional non-partai atau sebaliknya. Persoalannya mungkin tidak di
sana, karena jabatan setingkat menteri adalah jabatan politik. Bahwa di partai
politik banyak yang buruk dan busuk, kita semua sudah tahu. Ini juga buah dari
proses panjang ketika rakyat dibuat apolitis, dan dulu memilih jalur politik
bisa diartikan bunuh diri, khususnya soal kesejahteraan dan karier, kecuali
ikut partai pemerintah waktu itu.

Tapi apa yg diprihatinkan Bang Poltak juga beralasan, spektisisme pada para
politisi kita, karena mereka lahir dari sistem politik yang sekedar menganut
prinsip demokrasi formalistik, bukan substansial. Biaya politik sangat mahal,
maka langkah pertama adalah mengembalikan modal, dan tentu harus membuka
praktik negosisasi dan kolusi jabatan.

Pernah ada politisi yg berasal dari profesional di zaman reformasi, umumnya
masuk ke PAN, dan tak sedikit yg bertahan, meski yg rontok jg banyak, semisal
Faisal Basri. Kini kita masih bisa berharap, semoga dg masuknya banyak anak
muda, mereka bisa mempertahankan idealismenya. Sejauh saya tahu, Budiman
Sudjatmiko, Rieke Dyah Pitaloka, Miing Gumelar (PDIP) , Nusron Wahid, Nurul
Arifin (Golkar), dan beberapa yg lain masih bisa diharapkan (maaf saya tak
hafal). Yang harus diawasi dan didekonstruksi adalah praktik oligarkhi dan
kartel politik yg jelas tidak sehat.

Mari kita dorong makin banyak orang mau masuk ke parpol dg idealisme. Saya
rasa, orang seperti Chatib Basri sekalipun tak bisa lagi menyebut dirinya
profesional murni, karena ia telah menjadi bagian dari kekuasaan. Sebaiknya
kita dorong saja mereka berkompetisi secara sehat, karena memimpikan zaken
kabinet dlm format politik seperti sekarang tentu saja sulit. Reformasi harus
dilanjutkan dengan agenda menyeluruh, dimulai dari penyusunan RUU yang baik,
dan reformasi kelembagaan yang baik, termasuk konsistensi menerapan
'treshhold', hingga nanti hanya akan ada setidaknya tiga partai, Partai
Nasionalis, Partai Islam, dan Partai Independen.

salam