Salam Sejahtera rekan semua,

Sebenarnya menurut saya pribadi bukan hanya sekedar himbauan agar masyarakat
indonesia lebih cinta dan menggunakan produk buatan dalam negeri tapi lebih
dari itu.

Bagaimana caranya agar produk indonesia bisa lebih berkualitas dengan harga
yang terjangkau.Program usaha apa yang telah direncanakan dan dipersiapkan
untuk diimplementasikan oleh pihak pemerintah sebagai pembuat dan pengambil
kebijakan dengan melibatkan sektor swasta sebagai salah satu mesin penggerak
perekonomian.

Berdasarkan informasi yang dapat dibeberapa media produk-produk " made in china
" lebih banyak bersifat mass production yang cenderung menyangkut hajat hidup
orang banyak. Dari industri sandang (impor pakaian jadi yg banyak beredar
dipasar jakarta, contohnya dibeberapa pasar mangga dua, tanah abang, dllnya,
pangan (ingat salah satunya ketika rame2nya impor kedelai dari cina), produk
mainan anak, industri elektronik dengan beragam jenisnya beredar dipasaran
(ingat merk ternama barang elektronik dengan label komponennya made in
china/taiwan). Saya sendiri termasuk salah seorang pengguna produk tsb...ya
habisnya gimana niat hati ingin membeli produk berkualitas bermerk tapi
ternyata isi jeroannya berlabel made in china. Dan memang harganya relatif
lebih murah untuk kualitas not bad-lah. Masyarakat Indonesia dari kalangan
menengah kebawah, kaum grass root asal sudah bisa menikmati produk subtitusi
selayaknya it's okay no problemo.

Intinya bukan hanya sekedar himbauan nasionalisme kesadaran masyarakat untuk
mempergunakan produk dalam negeri tapi lebih dari itu. Bagaimana memproduksi
produk dengan kualitas lebih baik dan harga terjangkau tentunya didukung
pengembangan teknologi tinggi namun tidak mengabaikan kesejahteraan kau
buruh/karyawannya.....bisakah semua iu terjadi seindah yang diimpikan....semoga
saja.

Salam,

MWI