From: winarto sugondo <sugondo.wina...@gmail.com>
Date: Fri, 29 Jan 2010 08:46:26
To: <AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com>
Subject: Re: [Keuangan] Sampai mana Akuntan Publik bertanggung jawab?

Wow, melenceng dari etika profesi nih............kenapa menjelekan suatu
profesi yang memiliki fungsi atetasi?

Auditor memiliki parameter tertentu yang dapat menggambarkan kewajaran,
hal-hal yang anda sebutkan hanya kulitnya saja, sedangkan anda sendiri belum
tentu mengetahui inti dari kalimat audit.

Audit ada berbagai jenis pada berbagai sektor, tujuannya adalah memastikan
kepatuhan dari pemakai ketentuan yang telah ada (SAK atau IFRS), sehingga
mereka itu bukan orang biasa, melainkan lebih mirip polisi ketentuan.

Kalau anda mau lebih melihat apakah ada fraud disana dapat ditemukan melalui
metode-metode penelitian mendalam dan menyeluruh (bahasa gaulnya Due
Diligence), disana anda diminta menjadi analist yang mampu meneliti tiap
detil pos-pos yang ada didalam laporan keuangan sampai dengan tingkat akhir
Sub Ledger.

Korupsi dengan dokumen fiktif adalah korupsi gaya preman dengan prinsip
"SEMAU GUE" , sepanjang diaudit dengan metode general audit (based on Trial
Balance) maka tidak dapat ditemukan indikator fraud dalam suatu laporan
keuangan, namun kalau dilakukan due diligence makan akan ketemu. Biasanya
untuk mencegah adanya kecurangan sepihak, untuk perusahaan-perusahaan Tbk
selalu menyiapkan SOP yang disusun dengan kemampuan profesi oleh orang-orang
yang memiliki kekuasaan setingkat direksi. Anda mungkin kenal SARBOX? itu
salah satu tools untuk menciptakan parameter validasi.

Jadi saya rasa sebelum menghujat satu profesi, sebaiknya anda mengenal
terlebihdahulu terhadap profesi tersebut secara objektif. Dan kalau anda
adalah seseorang yang berprofesi demikian, maka dapat saya bilang bahwa anda
tidak lawak menjadi profesional bidang tersebut.

Salam,

Winarto Sugondo

2010/1/28 Wong Cilik <gajahpelan...@gmail.com>

> [...]
> - Penipuan yang dilakukan manajemen
> - apa lagi nih?
>
> Akuntan publik dibayar mahal untuk:
> - ngecek debet = kredit (material anak SMP)
> - ngecek item sudah masuk ke akun yang bener (materi kuliahan)
> - ngecek item kapital tidak diubah jadi biaya atau sebaliknya biaya jadi
> kapital (materi kuliahan)
> - ngecek dokumen lengkap.. (anak SD)
>
> Kalau begitu APA yang bisa membuat kita yakin bahwa misalnya perusahaan
> terbuka di BEJ tidak dikorupsi oleh manajemennya? Jadi shareholder kan cuma
> bisa lihat hasil jadi lap keu auditan saja. Ketemu juga setahun sekali

Blog resmi AKI, dengan alamat www.ahlikeuangan-indonesia.com
Facebook AKI, untuk mengenal member lain lebih personal, silahkan join