On 29 Jan 2010 at 16:37, Wong Cilik wrote:

> [...]
> yang cukup diakomodasi di Indonesia.
>
> Tidak ada maksud menjelek-jelekan profesi
> auditor...  hanya ingin membuka mata kita semua
> bahwa kalau auditor ingin kong-kalikong dengan
> emiten ataupun perusahaan yang sedang di
> due-diligence nya sekalipun, ternyata masih bisa
> toh...  Tapi sama seperti manusia seperti
> individu, manusia bisa jahat manusia bisa baik...
> pertanyaannya adalah bagaimana agar yang jahat jadi
> keder dan memutuskan untuk tidak melakukan
> kejahatan tersebut. Untuk itu diperlukan juga
> kontrol internal yang kuat plus kontrol (audit)

dari googling mengenai review sejawat (peer review)
ketemu laman

http://agamfat.multiply.com/reviews/item/8

Melanggar Standar atau Kejahatan Profesi?
Hasil Peer Review BPKP atas Kertas Kerja Auditor Bank-Bank Bermasalah
Diskusi KAP Bermasalah Majalah Media Akuntansi-IAI,
Jakarta, 2 Mei 2001
Agam Fatchurrochman
Ketua Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch

kesimpulan (sementara ?) :

Hasil peer review tersebut sebenarnya secara gamblang
menggambarkan bahwa banyak auditor yang tidak menjaga
mutu pekerjaan auditnya.

Hasil peer review ini oleh BPKP telah disampaikan ke
Departemen Keuangan tahun 2000. Namun sampai saat ini
belum ada tindakan apapun dari Departemen Keuangan.

Sedangkan IAI sebagai organisasi profesi akuntan
tidak melakukan tindakan apapun atas hasil peer review ini.

==

auditor (dan_pembinanya) juga manusia ...

:)

sinung

/*-sig-

http://www.radarjogja.co.id/berita/internasional/5218-pseudo-democracy-demokrasi-kedoknya-demokrator-muaranya.html