Dear felix.purn...@gmail.com,
Sekedar menambahkan apa yang sudah disampaikan rekan2 disini mohon
koreksinya kalau ada yang kurang

Ada 2 type account di dalam akuntansi, yakni account yang harus dicatat
sesuai mata uang pelaporan on the spot pada tanggal transaksi dan account
yang harus dimaintain dan disajikan setelah disesuaikan pada saat tanggal
neraca/pelaporan.

Nah, account-account yang bertype on the spot pada tanggal narasi, kalau
terjadi transaksi dibukukan di dalam mata uang pelaporan sesuai tanggal
transaksi, misalnya biaya konsultan USD 10.000 dicatat pada tanggal
transaksi sebesar USD 10.000 x Kurs mata uang pelaporan, kalau mata uang
pelaporannya adalah Rupiah maka 10.000 x kurs IDR terhadap USD.

Sedangkan account-account yang bertype dimaintain nilainya dan disajikan
setelah disesuaikan pada tanggal neraca, harus dipelihara catatannya dan
disajikan sesuai nilai pada tanggal neraca. Contoh : Beli USD 10.000 di
tanggal 7 Juli 2010 dengan kurs 9.050.

Maka di tanggal 7 Juli 2010 harus dicatat sebesar 9.050 x 10.000 =
90.500.000. Apabila sampai dengan tanggal 31 Juli uangnya gak berubah tetep
10.000 dan kurs yang berlaku pada tanggal 31 Juli 2010 adalah 10.000 maka
harus dibuat penyesuaian supaya saldonya yang tadinya 90.000.000 menjadi
100.000.000 (membukukan unrealized gain).

Begitu seterusnya..... sampai tiba saatnya yang 10.000 itu dipake, maka
dicatat sesuai dengan tanggal transaksi, selisih dengan revaluasi
terakhirnya dicatat sebagai gain atau loss.

Contoh:

7 Juli beli 10.000 kurs 9.050

Dr. Bank USD --- Rp 90.500.000
Cr. Bank IDR --- Rp 90.500.000

31 Juli uangnya masih ada gak diapa2in, kurs 10.000
Dr. Bank USD --- Rp 9.500.000
Cr. Unrealized gain forex -- Rp 9.500.000

Saldo Bank USDnya jadi Rp 100.000.000

Tanggal 22 Agustus, uang USD-nya dipake buat ngadoin Ryan...... kursnya Rp
9.500

Dr. Biaya Bingkisan --- Rp 95.000.000
Dr. Realized Forex loss -- Rp 5.000.000
Cr. Bank USD  --- Rp 100.000.000 (kurs terakhir direval)

Biasanya, akun2 yang ada di Aset Lancar masuk kategori seperti ini,
sedangkan yang masuk dalam Aset tetap, dicatat sesuai tanggal transaksi aja
(tidak direval).

Salam

ryan