Wa'alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh

Akhi, mengenai sawan terus terang ana sendiri tidak memahami seluk beluk
istilah tsb.

Menjawab pertanyaan antum tentang posisi tidur tidak ada keterangan yang sharih
melainkan apa yang telah datang dalilnya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam, yakni :

"Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR. Al-Bukhari no. 247 dan
Muslim no. 2710)
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan
kanannya di bawah pipi kanannya." (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No.
3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)

Sedangkan pertanyaan kedua dan ketiga ana jawab jadi satu yakni yang antum
harus lakukan adalah biasakan antum membaca surat Al-Baqoroh di rumah antum,
ajak pula istri antum untuk membacanya. Karena berdasarkan pada hadits Nabi
Shallallahu 'alaihi wa sallam dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu : "Laa
taj'aluu buyuutakum maqoobir, inna syaithona yanfiru minnal baytil ladzii
tuqro'u fiihi suuratul baqoroh"

(Artinya: Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan,
sesungguhnya syaithon akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al
Baqoroh)

Demikian yang ana bisa sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dan mohon
koreksi dari ikhwah sekalian
Wallahu a'lam

Wasslamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
abu fatih