From: gun iwan
To: assunnah@yahoogroups.com
Sent: Thursday, November 27, 2008 9:32 PM
Subject: [assunnah] Tanya: Anak sering rewel, histeris

Assalamu'alaikum..

Akhir2 ini anak saya (umur 19 bulan) kalau malam hari sering rewel (menangis,
histeris). dari segi kesehatan anak saya dlm keadaan sehat dan sudah dibawa ke
dokter. Teman Orang tua saya (dikenal sbg "kyai") memberi tahu bahwa anak saya
kena sawan (kena gangguan makhluk halus). Dan disarankan agar posisi tidur anak
saya kepala di utara atau di timur, dan dilarang ke barat atau ke selatan.
Orang tua saya menyarankan agar anak saya dibawa ke "kyai" tersebut supaya
sawannya hilang.
Yang saya tanyakan :
1. Bagaimana mengenai posisi tidur menurut islam?
2. Adakah istilah kena sawan (kena gangguan setan)
3. Apa yang harus saya lakukan terhadap anak saya.

Bagi yang punya pengalaman mengenai hal tersebut saya mohon informasinya.

Terimakasih atas jawaban dan informasinya, semoga Alloh membalas kebaikan anda.

wassalamu'alaikum...

Iwan