Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Afwan, bukankah apabila sebelumnya sudah ada perjanjian/kesepakatan kerjasama
antara pedagang A dan pedagang B, maka hal itu diperbolehkan? Dalam hal ini,
pedagang A merupakan perwakilan dari pedagang B (sebutannya pedagang A bisa
sebagai agen, reseller, makelar, perantara atau yang semisal), sementara
pedagang B berperan sebagai pemilik barang/supplier. Sehingga dalam hal ini
pedagang A tidak termasuk "menjual barang yang belum dimiliki".

Kasus di bawah, bisa tidak dianalogikan dengan kasus Abu Harits ini? Saya copas
tanya-jawab di milis pm-fatwa@yahoogroups (milis pendamping Pengusaha Muslim)
sbb. Mohon masukannya, karena saya pun ingin mempelajari lebih lanjut mengenai
hal ini.

-----

2010/9/2 Abxxx Axxx <abxxx_...@yahoo.com>

>Assalamualaikum..
>
>Ustadz yang dirahmati Allah SWT, saya ingin bertanya mengenai hukum menjual
>barang yang belum ada yang mana barang yang dijual tersebut akan ada setelah
>dilakukan pemesan dari calon pembeli.
>
>Misalnya menjual jam tangan, dimana jam tangan tersebut belum ada ditangan
>penjual (dan konsumen pun tau akan hal ini) melainkan penjual tersebut
>memesannya terlebih dahulu pada suplier dan dalam beberapa hari barang tersebut
>baru bisa dihadirkan ke pembeli. Syarat jual beli tersebut bisa dengan cara
> [...]
Jawaban Ustadz Muhammad Arifin Badri

Wa'alaikumussalam
Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi
Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Saudara Abxxx Axxx, menanggapai pertanyaan saudara, maka ada beberapa hal yang
perlu diperjelas:

1. Status penjual dengan pemilik barang; bila penjual adalah agen resmi atau
tidak, akan  tetapi telah terjalin kesepakatan antara mereka berdua untuk
bekerja sama. Pada kondisi ini maka jual beli yang terjadi antara konsumen
dengan penjual sah, walaupun barang yang dimaksudkan belum ada, karena masih ada
di gudang atau perusahaan pemilik, sebab penjual berperan sebagai wakil dari
pemilik barang.

2. Bila penjual tidak berstatus sebagai agen atau perwakilan resmi atau tidak
resmi dari pemilik barang, maka ada dua kemungkinan:

A. Pembeli melakukan pembayaran tunai dan lunas terlebih dahulu, maka ini
berarti akad salam, dan insya ALlah tidak masalah.
B. Bila pembeli hanya melakukan pembayaran uang muka, maka ada 2 kemungkinan :

*B-1: Barang yang dipesan adalah barang yang harus diolah terlebih dahulu ,
sedangkan penjual adalah seorang produsen atau pengkrajin maka akad ini dapat
dimungkinkan sebagai akad istisna' (pesan pembuatan) dan itu dibolehkan menurut
sebagian ulama', terutama oleh ulama'2 kontemporer zaman sekarang.

*B-2: Barang siap guna, maka ini tidak boleh, karena itu berarti menjual sesuatu
yang belum dimiliki dengan pembayaran terhutang,  maka yang terjadi adalah jual
hutang dng hutang.

Adapun untuk pembelian rumah atau yang serupa dng cara kredit, maka anda bisa
membaca hukum ttg hukum perkreditan di situs:www.pengusahamuslim.com

Wallahu 'alaah bisshawab