He3...saya juga pasti punya rasa kaget yagn sama dengan mbak kalau
begitu... Waaakkkss...sampe 1 juga lebih...imunisasi apaan? Padahal
ada beberapa imunisasi yang wajib oleh pemerintah bisa gratis (kalo di
puskesmas, posyandu atau bidan).

Seingat saya beberapa kali sudah sempat dibahas deh mbak tentang IPD
ini disini, coba dibongkar2 lagi arsipnya...

Lain kali...
Kalau dokter mau memvaksin anaknya, tanya dulu mbak jenis, fungsi,
keuntungan, kekurangan (efek samping) dan semua informasi yang
lengkap, terutama harganya tentu... :P

Jangan sampe setelah itu ngerasa "kecolongan" seperti ini.
Seingat saya kalau diatas 1 tahun IPD harus 2 kali mbak, berarti masih
1 kali imuniassi lagi, dan mbak harus rela uang jajannya kepotong lagi...

Hanya saja begini...
Beberapa hari yang lalu saya ikut berdiskusi dengan beberapa dokter,
membahas tentang IPD ini...
IPD : Infasive Pnemokokus Desease (halah...bahasa inggrisnya ngaco,
kurang lebihnya begitu deh...)
Tapi sampai sekarang, dari hasil penelitian di Indonesia pneumokokus
di indonesia justru lebih banyak disebabkan oleh Hib dan campak.
Dan sampai sekarang belum ada penelitian apakah 7 jenis kuman yang ada
dalam vaksin IPD ini sesuai atau tidak dengan jenis yang ada di Indonesia.
Sepanjang yang saya tahu, dari 7 jenis ini, dari hasil penelitian :
Di NTT hanya 4 strain saja yang cocok
Di negara berkembang strainnya bisa berbeda dengan negara maju.

Keputusan kembali ada di tangan orang tua masing2. Kalau dana ada,
silahkan. Tapi kembali lagi, sebetulnya posisi imunisasi Hib lebih
penting daripada IPD, karena Hib sudah terbukti menyebabkan
pneumokokus pada anak2 di Indonesia sehingga perlu dilindungi melalui
imunisasi.

O iya, IPD ini umumnya menyerang anak2 di bawah 2 tahun yang hidup
dengan gizi buruk dan sanitasi yang buruk pula.

Berikut saya co-pas dari seorang dokter tentang pembahasan IPD ini,
silahkan dipertimbangkan...
Kalau saya pribadi, memberi-pun tidak, jadi ya...yang kedua pun pasti
tidak...

Mudah2an berkenan
Kurnia. S

=====================

Well... gunjang-ganjing tentang imunisasi IPD... sebenarnya berapa
perlunya sih... tadi siang baru ikut kursus Value Base Medicine...
(VBM) yang sebenarnya merupakan pemantapan dari Evidence Base Medicine
(EBM)... dimana yang memebrikan kursus itu adalah 2 orang profesor dan
satu orang konsultan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia...
hmmm saya nggak akan bahas tentang EBM dan VBM... tapi cuma mengutip
kata salah seorang professor itu...

katakanlah imunisasi IPD bisa mencegah infeksi pneumokokus.... tapi
angka kejadian kecacatan atau kematian karena infeksi pneumokokus di
Indonesia itu sangat kecil... jadi boleh dibilang... untuk mencegah
satu kematian atau satu kecacatan akibat infeksi tersebut... negara
(baca: orang tua pasien) harus mengeluarkan uang sebesar milyaran
rupiah.... dan boleh dibilang harga vaksin itu dengan pengobatan
infeksinya masih jauh lebih mahal harga vaksinya... jadi dari segi
biaya yang harus dikeluarkan dan dari segi EBMnya maka belum pada
tempatnya imunisasi IPD itu diberikan... 

boleh dikatakan seperti ini... 
misalkan perbandingan dengan imunisasi polio... harganya relatif lebih
murah... bila imunisasi polio tidak diberikan maka... angka kecacatan
atau angka kematian polio jauh meningkat... oleh karena itu
berdasarkan hasil penelitian yang ada maka polio jadi wajib untuk
diberikan... 

nah... untuk IPD... angka kecacatan atau kematian akibat infeksi IPD
saja belum ada data yang jelas menunjukkan bahwa jumlah kasus yang ada
siginifikan untuk pentingnya mencegah infeksi tersebut... dan oerlu
diketahui yang terkena infeksi ini umumnya adalah anak dengan gizi
buruk atau dari status ekonomik yang lemah... dan boleh dibilang
secara logika...maka yang seharusnya di imunisasi adalah anak dalam
golongan tersebut...

tapi bisa dibayangkan dengan harga vaksin yang sedemikian... apakah
bisa dicapai oleh anak dari golongan demikian...???

mungkin imunisasi IPD bisa diberikan bila:
1. ada data yang signifikan mengenai kasus infeksi IPD di indonesia
2. ada kesesuaian antara kekebalan yang diberikan oleh vaksin IPD
dengan strain/jenis kuman IPD (kuman IPD terdiri dari banyak
strain.... di indonesia strain yang ada berbeda dengan strain yang
dilindungi dari vaksin IPD yang beredar saat ini)
3. pertimbangan health economic dalam arti kalau untuk mencegah jauh
lebih mahal dibandingkan mengobati.... maka yang dipertimbangkan cukup
mengobati saja... atau sebaliknya....

========================
--- In [email protected], HANI RISMADANTI
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> Dear Moms / Dads,
> 
> Mo tanya nech, imunisasi IPD itu apa yach ? seberapa pentingkah?


Kirim email ke