Makasih yach atas saran & tanggapannya.
Tapi saya masih bingung nech...
Apakah harus imunisasi IPD tahap 2 ?
Apa pengaruhnya apabila kita tidak  melakukan tahap ke 2 itu ?
Tolong advise lagi yach....
Biar saya lebih tenang.

MAMA ALYA / masih bingung

--- On Tue, 17/6/08, Kurnia Setyaningsih <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: Kurnia Setyaningsih <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [Ayahbunda-Online] Re: IPD
To: [email protected]
Date: Tuesday, 17 June, 2008, 3:06 PM










    
            He3...saya juga pasti punya rasa kaget yagn sama dengan mbak kalau

begitu... Waaakkkss... sampe 1 juga lebih...imunisasi apaan? Padahal

ada beberapa imunisasi yang wajib oleh pemerintah bisa gratis (kalo di

puskesmas, posyandu atau bidan).



Seingat saya beberapa kali sudah sempat dibahas deh mbak tentang IPD

ini disini, coba dibongkar2 lagi arsipnya...



Lain kali...

Kalau dokter mau memvaksin anaknya, tanya dulu mbak jenis, fungsi,

keuntungan, kekurangan (efek samping) dan semua informasi yang

lengkap, terutama harganya tentu... :P



Jangan sampe setelah itu ngerasa "kecolongan" seperti ini.

Seingat saya kalau diatas 1 tahun IPD harus 2 kali mbak, berarti masih

1 kali imuniassi lagi, dan mbak harus rela uang jajannya kepotong lagi...



Hanya saja begini...

Beberapa hari yang lalu saya ikut berdiskusi dengan beberapa dokter,

membahas tentang IPD ini...

IPD : Infasive Pnemokokus Desease (halah...bahasa inggrisnya ngaco,

kurang lebihnya begitu deh...)

Tapi sampai sekarang, dari hasil penelitian di Indonesia pneumokokus

di indonesia justru lebih banyak disebabkan oleh Hib dan campak.

Dan sampai sekarang belum ada penelitian apakah 7 jenis kuman yang ada

dalam vaksin IPD ini sesuai atau tidak dengan jenis yang ada di Indonesia.

Sepanjang yang saya tahu, dari 7 jenis ini, dari hasil penelitian :

Di NTT hanya 4 strain saja yang cocok

Di negara berkembang strainnya bisa berbeda dengan negara maju.



Keputusan kembali ada di tangan orang tua masing2. Kalau dana ada,

silahkan. Tapi kembali lagi, sebetulnya posisi imunisasi Hib lebih

penting daripada IPD, karena Hib sudah terbukti menyebabkan

pneumokokus pada anak2 di Indonesia sehingga perlu dilindungi melalui

imunisasi.



O iya, IPD ini umumnya menyerang anak2 di bawah 2 tahun yang hidup

dengan gizi buruk dan sanitasi yang buruk pula.



Berikut saya co-pas dari seorang dokter tentang pembahasan IPD ini,

silahkan dipertimbangkan. ..

Kalau saya pribadi, memberi-pun tidak, jadi ya...yang kedua pun pasti

tidak...



Mudah2an berkenan

Kurnia. S



============ =========



Well... gunjang-ganjing tentang imunisasi IPD... sebenarnya berapa

perlunya sih... tadi siang baru ikut kursus Value Base Medicine...

(VBM) yang sebenarnya merupakan pemantapan dari Evidence Base Medicine

(EBM)... dimana yang memebrikan kursus itu adalah 2 orang profesor dan

satu orang konsultan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia...

hmmm saya nggak akan bahas tentang EBM dan VBM... tapi cuma mengutip

kata salah seorang professor itu...



katakanlah imunisasi IPD bisa mencegah infeksi pneumokokus. ... tapi

angka kejadian kecacatan atau kematian karena infeksi pneumokokus di

Indonesia itu sangat kecil... jadi boleh dibilang... untuk mencegah

satu kematian atau satu kecacatan akibat infeksi tersebut... negara

(baca: orang tua pasien) harus mengeluarkan uang sebesar milyaran

rupiah.... dan boleh dibilang harga vaksin itu dengan pengobatan

infeksinya masih jauh lebih mahal harga vaksinya... jadi dari segi

biaya yang harus dikeluarkan dan dari segi EBMnya maka belum pada

tempatnya imunisasi IPD itu diberikan... 



boleh dikatakan seperti ini... 

misalkan perbandingan dengan imunisasi polio... harganya relatif lebih

murah... bila imunisasi polio tidak diberikan maka... angka kecacatan

atau angka kematian polio jauh meningkat... oleh karena itu

berdasarkan hasil penelitian yang ada maka polio jadi wajib untuk

diberikan... 



nah... untuk IPD... angka kecacatan atau kematian akibat infeksi IPD

saja belum ada data yang jelas menunjukkan bahwa jumlah kasus yang ada

siginifikan untuk pentingnya mencegah infeksi tersebut... dan oerlu

diketahui yang terkena infeksi ini umumnya adalah anak dengan gizi

buruk atau dari status ekonomik yang lemah... dan boleh dibilang

secara logika...maka yang seharusnya di imunisasi adalah anak dalam

golongan tersebut...



tapi bisa dibayangkan dengan harga vaksin yang sedemikian.. . apakah

bisa dicapai oleh anak dari golongan demikian...? ??



mungkin imunisasi IPD bisa diberikan bila:

1. ada data yang signifikan mengenai kasus infeksi IPD di indonesia

2. ada kesesuaian antara kekebalan yang diberikan oleh vaksin IPD

dengan strain/jenis kuman IPD (kuman IPD terdiri dari banyak

strain.... di indonesia strain yang ada berbeda dengan strain yang

dilindungi dari vaksin IPD yang beredar saat ini)

3. pertimbangan health economic dalam arti kalau untuk mencegah jauh

lebih mahal dibandingkan mengobati... . maka yang dipertimbangkan cukup

mengobati saja... atau sebaliknya.. ..



============ ========= ===

--- In Ayahbunda-Online@ yahoogroups. com, HANI RISMADANTI

<honeyricmadhanty@ ...> wrote:

>

> Dear Moms / Dads,

> 

> Mo tanya nech, imunisasi IPD itu apa yach ? seberapa pentingkah?




      

    
    
        
         
        
        








        


        
        

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com 

Kirim email ke