Makasih yach atas saran & tanggapannya. Tapi saya masih bingung nech... Apakah harus imunisasi IPD tahap 2 ? Apa pengaruhnya apabila kita tidak melakukan tahap ke 2 itu ? Tolong advise lagi yach.... Biar saya lebih tenang.
MAMA ALYA / masih bingung --- On Tue, 17/6/08, Kurnia Setyaningsih <[EMAIL PROTECTED]> wrote: From: Kurnia Setyaningsih <[EMAIL PROTECTED]> Subject: [Ayahbunda-Online] Re: IPD To: [email protected] Date: Tuesday, 17 June, 2008, 3:06 PM He3...saya juga pasti punya rasa kaget yagn sama dengan mbak kalau begitu... Waaakkkss... sampe 1 juga lebih...imunisasi apaan? Padahal ada beberapa imunisasi yang wajib oleh pemerintah bisa gratis (kalo di puskesmas, posyandu atau bidan). Seingat saya beberapa kali sudah sempat dibahas deh mbak tentang IPD ini disini, coba dibongkar2 lagi arsipnya... Lain kali... Kalau dokter mau memvaksin anaknya, tanya dulu mbak jenis, fungsi, keuntungan, kekurangan (efek samping) dan semua informasi yang lengkap, terutama harganya tentu... :P Jangan sampe setelah itu ngerasa "kecolongan" seperti ini. Seingat saya kalau diatas 1 tahun IPD harus 2 kali mbak, berarti masih 1 kali imuniassi lagi, dan mbak harus rela uang jajannya kepotong lagi... Hanya saja begini... Beberapa hari yang lalu saya ikut berdiskusi dengan beberapa dokter, membahas tentang IPD ini... IPD : Infasive Pnemokokus Desease (halah...bahasa inggrisnya ngaco, kurang lebihnya begitu deh...) Tapi sampai sekarang, dari hasil penelitian di Indonesia pneumokokus di indonesia justru lebih banyak disebabkan oleh Hib dan campak. Dan sampai sekarang belum ada penelitian apakah 7 jenis kuman yang ada dalam vaksin IPD ini sesuai atau tidak dengan jenis yang ada di Indonesia. Sepanjang yang saya tahu, dari 7 jenis ini, dari hasil penelitian : Di NTT hanya 4 strain saja yang cocok Di negara berkembang strainnya bisa berbeda dengan negara maju. Keputusan kembali ada di tangan orang tua masing2. Kalau dana ada, silahkan. Tapi kembali lagi, sebetulnya posisi imunisasi Hib lebih penting daripada IPD, karena Hib sudah terbukti menyebabkan pneumokokus pada anak2 di Indonesia sehingga perlu dilindungi melalui imunisasi. O iya, IPD ini umumnya menyerang anak2 di bawah 2 tahun yang hidup dengan gizi buruk dan sanitasi yang buruk pula. Berikut saya co-pas dari seorang dokter tentang pembahasan IPD ini, silahkan dipertimbangkan. .. Kalau saya pribadi, memberi-pun tidak, jadi ya...yang kedua pun pasti tidak... Mudah2an berkenan Kurnia. S ============ ========= Well... gunjang-ganjing tentang imunisasi IPD... sebenarnya berapa perlunya sih... tadi siang baru ikut kursus Value Base Medicine... (VBM) yang sebenarnya merupakan pemantapan dari Evidence Base Medicine (EBM)... dimana yang memebrikan kursus itu adalah 2 orang profesor dan satu orang konsultan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia... hmmm saya nggak akan bahas tentang EBM dan VBM... tapi cuma mengutip kata salah seorang professor itu... katakanlah imunisasi IPD bisa mencegah infeksi pneumokokus. ... tapi angka kejadian kecacatan atau kematian karena infeksi pneumokokus di Indonesia itu sangat kecil... jadi boleh dibilang... untuk mencegah satu kematian atau satu kecacatan akibat infeksi tersebut... negara (baca: orang tua pasien) harus mengeluarkan uang sebesar milyaran rupiah.... dan boleh dibilang harga vaksin itu dengan pengobatan infeksinya masih jauh lebih mahal harga vaksinya... jadi dari segi biaya yang harus dikeluarkan dan dari segi EBMnya maka belum pada tempatnya imunisasi IPD itu diberikan... boleh dikatakan seperti ini... misalkan perbandingan dengan imunisasi polio... harganya relatif lebih murah... bila imunisasi polio tidak diberikan maka... angka kecacatan atau angka kematian polio jauh meningkat... oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian yang ada maka polio jadi wajib untuk diberikan... nah... untuk IPD... angka kecacatan atau kematian akibat infeksi IPD saja belum ada data yang jelas menunjukkan bahwa jumlah kasus yang ada siginifikan untuk pentingnya mencegah infeksi tersebut... dan oerlu diketahui yang terkena infeksi ini umumnya adalah anak dengan gizi buruk atau dari status ekonomik yang lemah... dan boleh dibilang secara logika...maka yang seharusnya di imunisasi adalah anak dalam golongan tersebut... tapi bisa dibayangkan dengan harga vaksin yang sedemikian.. . apakah bisa dicapai oleh anak dari golongan demikian...? ?? mungkin imunisasi IPD bisa diberikan bila: 1. ada data yang signifikan mengenai kasus infeksi IPD di indonesia 2. ada kesesuaian antara kekebalan yang diberikan oleh vaksin IPD dengan strain/jenis kuman IPD (kuman IPD terdiri dari banyak strain.... di indonesia strain yang ada berbeda dengan strain yang dilindungi dari vaksin IPD yang beredar saat ini) 3. pertimbangan health economic dalam arti kalau untuk mencegah jauh lebih mahal dibandingkan mengobati... . maka yang dipertimbangkan cukup mengobati saja... atau sebaliknya.. .. ============ ========= === --- In Ayahbunda-Online@ yahoogroups. com, HANI RISMADANTI <honeyricmadhanty@ ...> wrote: > > Dear Moms / Dads, > > Mo tanya nech, imunisasi IPD itu apa yach ? seberapa pentingkah? Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com
