Dear Ayahnya Audrey,

Pak kalau bayi apalagi usianya baru 20 hari, bangun dalam rentang 3 jam
seperti yang diinformasikan oleh Bapak. Itu sih merupakan sesuatu yang
wajar, karena secara perlahan-lahan dia akan menyesuaikan diri dengan pagi,
siang dan malam yang dia dapatkan di luar kandungan ibunya. Bayi baru agak
mending jadwal tidurnya setelah 3 bulan, pada saat itu tidur malamnya akan
mulai semakin panjang. Saya ingin menceritakan sesuatu pengalaman lucu yang
sampai sekarang saya masih ingat ketika bayi saya berusia 2 bulanan, di mana
dia baru tidur lelap pada pukul 5 pagi, dan jam 7.30 pagi saat dia mandi,
dia saya mandiin saat lagi terlelap bobo he...he...he...dan habis dimandiin
dia terus saja bobo...
Jadi sabar yach Pak, soalnya bayinya lagi saat penyesuaian dengan
lingkungan. Menurut saya sih wajar2 saja kalau bayi terbangun tengah malam,
bukan karena ASI-nya tidak cukup. Bayi saya dulu juga minum susu formula
tiap 2 jam sekali sesuai takaran dan saya pikir sudah kenyang karena susunya
sudah habis, tetapi tetap saja dia bangun tengah malam. Selain itu bayi usia
segitu, memang belum bisa minum banyak2 Pak, minumnya masih sedikit2,
soalnya daya tampung pencernaannya kan belum membesar Pak. So, jangan
khawatir, ikutin saja jadwal bobo sang bayi, jadi kalau dia tidur, kita ikut
tidur dan kalau dia bangun kita ikut bangun...

ASI tambah susu botol, tidak apa2 menurut saya soalnya kalau ASInya memang
tidak cukup, kayak anak saya malah lebih parah lagi tiap 1/2 jam saya pernah
bangun mau kasih ASI sama anak saya, eh nggak tahunya dianya nggak kenyang2,
pas minum susu botol mendingan deh rentang bangunnya jadi lebih panjang 2
atau 3 jam kemudian.
Yang penting istri Bapak harus menjaga tubuhnya agar fit dengan memakan
makanan yang bergizi, dengan demikian tubuh menjadi kuat dalam menghadapi
kondisi bayi kita.

Gitu saja sharing saya.

Rgrds,
Lilis