Hi mbak Ira,

Cuma mau nambahin dikit,
Kalau memang sudah pasti nanti RS mana tempat bersalinnya, bisa
dire-check dulu di RS perlengakapan apa saja untuk bayi yang harus
disiapkan dari rumah.  Kayaknya cukup banyak RS yang sudah siapkan
perlengkapan baby selama masih di RS, jadi ortu tinggal siapkan 1 stel
pakaian untuk pulang nanti. Items ini malah bisa dibawa nanti kalau
sudah bersalin nanti.

Mirip mbak Desy, saya juga lebih nyaman pakai baju kaos saat menyusui,
area dada jadi tidak terlalu 'kebuka'  :) --- bahkan kalau harus
menyusui di depan banyak orang.
hhmm.. ini pengalaman persalinan pertama ya?  Nggak selalu, tapi
kadang waktu mulai 'mulas' sampai 'bukaan sempurna' nanti cukup lama.
So, jangan lupa bawa beberapa perlengkapan yang kadang sangat membantu
waktu 'menunggu' nanti di ruang bersalin:
- majalah, buku cerita, walkman, dll. --- apa aja yang bisa 'sebentar'
mengalihkan perhatian saat nggak lagi kontraksi dan membuat ibu jadi
nggak tegang.
- baju ganti buat suami atau yang ikut nungguin
- makanan favorit, snacks, air minum, dll. ---- ibu harus punya energi
yang cukup untuk proses bersalin :)
- sandal kamar --- terpakai kalau harus 'jalan-jalan' untuk mempercepat 'bukaan'
- pelembab bibir, lotion, handuk kecil, ikat rambut --- pengalaman
saya, berguna banget waktu saat bersalin karena bibir yang kering,
keringat, lotion bisa dipakai untuk memijat-mijat, dan ikat rambut
untuk yang rambutnya panjang.
- kalau dibolehkan RS, bisa bawa juga bantal tambahan --- untuk
dipeluk di depan perut kalau lagi 'sakit' karena kontraksi.
- kalau punya cadangan, langsung sisipkan saja 1 battery charger HP,
siapa tahu nanti lupa kebawa :)

ok, .... itu yang keingat sekarang :)
Jangan lupa punya waktu untuk banyak jalan/gerak, latih pernafasan
(kayak waktu senam hamil), and pantau terus gerakan janin secara
teratur setiap hari

happy 'counting down',
Sylvia - mum to Jovan & Rena