Dear Mbak Berliana,

Coba saja ditanyakan ke baby sitternya apakah dia tidur melulu sepanjang
siang sehingga dia tidak bisa tidur di malam hari, setahu saya sih kalau
anak saya tuh normal2 saja tidurnya waktu usianya segitu. Tidur malam 8 jam
dari jam 09.00 atau 10.00 malam s/d jam 05.00 atau 06.00 pagi, tidur siang 2
kali jam 10 s/d 12 siang dan jam 2 s/d 3 siang. Memang ada kalanya dia
terbangun, tetapi biasanya kalau tidurnya sudah teratur paling2 bangun cuma
1 atau 2 jam terus tidur lagi gitu. Kayaknya kalau sepanjang malam dia
terbangun terus, mungkin siangnya tidurnya kebanyakan gitu. Apakah di
rumahnya ada yang bantu2 mengontrol kegiatan BS-nya, sehingga anaknya Mbak
tidak dibiarkan tidur seharian, sehingga malamnya cukup mengganggu Mbak dan
suami yang esoknya mau berangkat kerja gitu dan bisa mengantuk lho kalau
kita kurang tidur. Mungkin 1 atau 2 hari tidak terasa, tetapi kalau terus
terusan terasa lho kita mengantuk sekali. Soalnya dulu saya pernah sempat
dapat BS yang sering menidurkan anak saya kalau siang, sehingga malam
terbangun cukup lama dan kegiatan kerja saya menjadi agak terganggu karena
mengantuk. Untung nggak lama cuma semingguan, karena ternyata BS saya suka
kasih obat pilek ke anak saya, sehingga anak saya mengantuk dan sepanjang
siang dia suka tidur cukup lama.

Gitu saja sharingnya,

Rgrds,
Lilis