Mama Klara, anakku yg pertama juga begitu.  Dulu sekitar 10-11 bulanan juga
dia seperti itu.  Midnightshow (begitu kami menyebutnya).
Mulai bangun 00.00 sampai bisa bobo lagi jam 3 pagi.  Sementara dia bisa
langsung tertidur lagi, kami orangtuanya susah merem karena buat kami,
merem tuh nggak semudah melek, apalagi di jam2 yg nggak lazim.

Waktu itu Hasbi ngajak main mobil2an, oke naik mobil2an tengah malem, pagi
buta dorong2 mobil, ketawa2 juga dia liat poster2, naik baby walker kesana
kesini, dan yg aku selalu lakukan ketika sudah capek ngikutin dia adalah
aku bacain dia buku CPD WWP itu bergantian (tiara), dia sih mau dengerin,
itu terjadi sampai kira2 dia berumur 2 tahun.   Wah capek.  Tapi... ada
hasilnya juga, dia jadi senang membaca. Walaupun nggak terlalu cepat, tapi
dia sudah bisa membaca waktu baru masuk TK A.  Di TK A juga, dia sudah bisa
kirim surat seperti ini ke aku:

"mami aku mau mami belin (maksudnya dibelikan) celana (maaf, maksudnya
underwear gitu) kolor warna merah"
suratnya masih aku simpan, dan surat2 lainnya selalu aku beri tanggal kapan
dia berikan itu ke aku.  Ada lagi...

"mami cantik maaf aku nakal aku minta maaf.."  kadang diselipkan di bawah
pintu.

IMHO, itu efek dari bangun malam, dan baca buku di pagi buta selama hampir
satu tahun... mungkin disitulah dia mendapat pencerahan..

salam :-)

                      Berliana Yosita

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:       [EMAIL PROTECTED]

                      tna.co.id>               cc:

                                               Subject:  [balita-anda] Bobo Malam

                      18/07/2003 09:34

                      AM

                      Please respond to

                      balita-anda

Dear moms & dads,

ada yang ingin saya sharingkan mengenai putri saya Klara usia 11 bulan BB
12kg lebih, dalam 2 minggu ini dia sering banget kalau tidur selalu diatas
pkl 23.00 malam, kalau dibuat tidur lebih awal pasti pkl 24.00 terbangun
lagi dan main - main, tepung tangan, berdiri sambil tertawa melihat poster
buah - buahan, teletubies, dll yang ada didalam kamar. itu terjadi hinggal
pkl 02.30 dia haus lalu saya gendong dan beri susu dan tidur lagi sampai
pkl
06.00 ( karena papa-mamanya mo berangkat kerja) setelah itu diberi susu dan
tidur lagi.
Kegiatan siang sampai sore tetap seperti biasa lebih banyak bermain dari
pada tidur. yang ingin saya tanyakan apakah ada yang mengalami hal serupa
dan mohon sarannya, karena pada akhirnya semua orang jadi ikut terbangun
utk
nemenin bermain karena kalau dibiarkan main sendiri kasihan pernah kejedut
lalu nangis kencang dan jd rewel.

Terimakasih
Mama Klara.

The information transmitted is intended only for the person or entity to
which it is addressed and may contain confidential and/or privileged
material.  Any review, retransmission, dissemination or other use of, or
taking of any action in reliance upon, this information by persons or
entities other than the intended recipient is prohibited.   If you received
this in error, please contact the sender and delete the material from any
computer.