Kalo menurut saya.

Assisten itu sudah bagian dari keluarga. Kalo tingkahnya udah kelewatan
(saya sih enggak telorir asisten keluar malam nongkrong2 dg org gak jelas)
pasti saya tegur. Kalo saya rasa saya udah enggak sanggup didik dia, walopun
kerjanya bagus, saya nyerah aja kembaliin dia ke keluarganya. Enggak sanggup
dg beban moril, kalo setelah kerja dg kita malah jadi ancur gitu.

Pengalaman dg beberapa asisten yg pernah saya lihat (bukan asisten saya
pribadi). Awal masuk, mereka alim. Begitu udah kenal pacaran, mulai rajin
keluar malam. Majikannya pikir selama waktu kerja, kerjanya gak masalah, Ok
Ok aja dia relaks setelah waktu kerja. Tapi ternyata buntut2nya majikannya
ini mulai sering kehilangan uang. Pas diselidiki ternyata yg ngambil ya
asistennya ini. Biaya untuk pacaran, HP, dll ternyata enggak mencukupi dari
gajinya.

Intinya, kalo punya asisten usia ABG, harus extra protektif. Anggap adek
sendiri yg masih butuh bimbingan.

Melisa