From: Dewi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, August 20, 2003 2:51 PM
To: Erta Dewi Kuari
Subject: Re[2]: [balita-anda] Anak aktif

ibu,

u wrote:
Pada waktu anak yang ke 2 sdh lahir saya baru tahu kalau tidurnya setiap malam selalu
tidak tenang, akhirnya saya bawa ke
dokter dan semua makanannya yang 'tidak aman' saya berhentikan sesuai dengan anjuran
dokter.

Wednesday, August 20, 2003, 2:12:55 PM, you wrote:

EDK> Dear Mbak Ulin,

EDK> Anak yang kelewat aktif juga bisa disebabkan karena alergi yang tidak terkendali,
apalagi jika disertai satu atau lebih tanda-tanda berikut ini:
EDK>         - kalau tidur sering gelisah (nangis, tertawa, menjerit).
EDK>         - impulsive, tidak sabaran, mau menang sendiri
EDK>         - tidak bisa diberitahu kata "tidak" atau "jangan"
EDK>         - bintik-bintik merah.
EDK>         - kencingnya kelewat banyak
EDK>         - sering/susah buang air besar
EDK>         - sering mencret
EDK>         - terlambat jalan, atau kalau jalan menjinjit
EDK>         - terlambat bicara
EDK>         - 6 bln ke bawah biasanya overweight, tetapi 6 bln ke atas biasanya berat
badannya sangat sulit naik meskipun makan dan minum susunya banyak.
EDK>         - sering muntah
EDK>         - dsb (saya lupa, tetapi saya ada brosur yang diberikan oleh dokter anak
saya, besok akan saya bawa dan tuliskan lebih lengkap)

EDK> Oleh karenanya alergi tidak bisa dianggap sepele. Saya tdk bermaksud
menakut-nakuti, ternyata ALERGI ITU JAHAT SEKALI karena jika terlambat diatasi bisa
menyebabkan autis, hiperaktif, gangguan
EDK> konsentrasi, gangguan otak, gangguan perilaku, komplikasi pernafasan, paru-paru
dan pencernaan.
EDK> Semoga dgn sharing saya ini, ibu-ibu yang anaknya alergi ataupun yang anak ada
tanda-tanda alergi bisa diwaspadai. Sehingga tidak terlambat.

EDK> Ini terjadi pada anak saya yang pertama. Walaupun sedikit terlambat, tetapi saya
bersyukur masih belum terlambat sekali.
EDK> Dia sangat aktif, tidak bisa diam, tidak sabaran (keinginannya hrs dipenuhi saat
itu juga, kalau tidak akan menjerit-jerit keras sekali dan kalau sdh begitu sukar
didiamkan), mau menang sendiri.

EDK> Ternyata hal ini disebabkan oleh alerginya yang tidak terkendali. Memang dia
alergi susu sapi (sampai sekarang umur 1th 4 bln masih minum susu kedelai Isomil).
Pada saat dia mulai belajar makan
EDK> makanan tambahan, saya sedang hamil anak ke dua (sundulan) dan saya kurang
memperhatikan anak pertama (karena saya juga bekerja dan kehamilan kedua sempat
pendarahan dan bedrest 2 bln, sehingga
EDK> kalau pulang kantor sdh sangat lelah). Saya kurang memperhatikan anak pertama
saya, saya percayakan ke pengasuhnya yang memang sangat sayang padanya. Ternyata
bintik2 merah di punggung tidak
EDK> pernah hilang. Dari lahir memang dia sering keluar bintik2 merah tetapi setelah
beberapa waktu akan hilang sendiri, dan 1-2 bulan kemudian akan keluar lagi. Tetapi
saat itu bintik2 merah
EDK> ternyata tidak pernah hilang dari punggungnya selama 2-3 bulan dan kalau tidur
sering gelisah. Saya tidak tahu, karena hamil tua saya tidak berani tidur dengannya
(jadi dia tidur dengan
EDK> pengasuhnya dan kadang-kadang dengan suami saya). Ternyata baik suami saya maupun
pengasuhnya tdk menyadari adanya kelainan tsb. Mereka pikir karena siangnya terlalu
banyak main, maka malamnya
> [...]

EDK> dengan anjuran dokter.

EDK> Sekarang alerginya sdh teratasi dan sifatnya jauh berubah. Sekarang masih cukup
aktif, tetapi tidak hiperaktif. Bisa diberi pengertian. Kalau tidak diperbolehkan
melakukan sesuatu, dia jarang
EDK> sekali marah dan jarang menjerit-jerit. Jauh lebih sabar. Tidurnya jarang
gelisah, dan tidak pernah mimpi teriak-teriak lagi.
EDK> Hanya berat badannya sdh terlanjur menurun. Semenjak usia 8 bln berat badannya
sangat sulit bertambah (bertahan di posisi antara 8 s/d 8.5 kg), meskipun makannnya
sangat bagus (1x bubur susu, 2
EDK> kali mkn nasi, 1 x buah) dan susunya hampir 1 lt per hari.
EDK> Tetapi 1 bln ini ada sdh ada kemajuan, sdh naik 0.5 kg.

EDK> Dengan pengalaman ini saya baru menyadari bahwa alergi bisa menyebabkan gangguan
perilaku. Kalau terlambat diatasi perilaku tersebut akan menetap. Semoga sharing ini
berguna bagi ibu-ibu yang

--
Best regards,
 Dewi                            mailto:[EMAIL PROTECTED]