Sependapat dgn Mbak Kristina.

Kalau anaknya minat dan mampu nggak masalah. Apalagi sekarang ada
psikolog..bisa di test dulu anaknya apakah memang mampu masuk SD usia < 6
thn.
Kalau masalah bosan, nggak cuma karena umur "kemudaan"..toh yg masuk sesuai
usia anjuran pemerintah jg banyak yg bosen kan :-)
Alasan anak mogok sekolah atau bosen macem-macem, nggak cuma krn "bosen
akibat sekolah terlalu dini". Bisa jadi memang di sekolah pelajaran atau
cara guru ngajarin yg membosankan, mungkin ada konflik dgn teman, atau
justru mungkin kemampuan otak si anak melebihi dari apa yg
diajarkan..sehingga kelihatan masa bodoh.

Memang ortu harus paham kebutuhan anak-anaknya. Tiap anak beda-beda.
Dulu alesan masuk SD (usia 5 thn 5 bln) krn bosen di TK..syukur ortu
mendukung. Seinget saya nggak ada masalah di pelajaran (SD-
Kul)..lancar-lancar aja cukup baik malah.
Paling waktu SMA kelas 1 pertama kali raport merah pelajaran kimia
he..he..Tapi ortu ngerti kok, "kenapa? nggak ngerti dgn cara gurunya
nerangin ya?"
(soalnya nilai pelajaran yg lain baik-baik aja). Terus ikut kursus privat.
Begitu kelas 3 malah termasuk seneng sama kimia krn gurunya enak kalau
ngajar.

Dini