kyknya hmpr semua anak mengalami fase spt ini, anak saya yg gede umur 2 th
lg hobi membalik2an perintah.
Biasanya saya puji dia klo melakukan sesuatu yg baik, cth : farel pintar
deh, mainannya diberesin sendiri.
Lah kmrn pas saya suruh beresin mainannya dia malah nyuruh ayahnya smbl
bilang : ayah beresin dong...ayah khan pintar (ayahnya : gubrakss!).

Trus skrng klo saya lg marah, dia angkat jari telunjuknya ke dpn mukanya dgn
mimik muka yg sok serius (ini biasanya sy lakukan utk menunjukan 'bunda tdk
suka klo farel begitu').

Skrng jd binun sendiri gmn ngadepinnya. Mo diterapin hukuman fisik gak tega
(dan maaf, klo di islam pun hukuman fisik blh diberikan stlh usia akil
baliq), diksh punishment dikurung di kmr jg mlh membuat dia trauma dgn
ruangan tertutup.
jadinya ya skrng paling ngasih tahu dia pelan2 aja apa yg baik dan buruk.
Hasilnya...ortunya yg hrs lbh sabar ;)