nebu itu di-nebulizer, mom.atau disebut di-inhalasi
Ada indikasi tertentu jika memang perlu di-nebu, di-nebu itu kayak dikasih
masker gitu, selama beberapa menit, si baby mesti menghirupnya. Nah biasanya
dikasih obat2an juga, ventolin, bisolvon gitu. Kadang dikasih juga obat anti
inflamasi (anti peradangan) sejenis kortikosteroid. Bisa juga enggak, alias
cuma dikasih larutan NaCl. Nah larutan NaCl alias breathy ini dikasih aja
langsung ditetetsin di hidung, gak perlu nebu.

Di-inhalasi biasanya dilakukan jika ada indikasi asma, contoh nyata apabila
terjadi sesak nafas atau kesulitan bernafas, (kecepatan nafasnya cepat
sekali dan pendek2, orang jawa bilang mengi).

Jika batuk pileknya karena common cold atau flu biasa, maka tidak diperlukan
inhalasi, cukup home treatment saja.