To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, May 21, 2008 2:02 PM
Subject: Re: [balita-anda] Tanya : Bayi Alergi

memang sih saya belum observasi khusus utk si kecil, (mungkin karena waktu
yg terbatas..), dan saya makan apa aja (seafood, daging, ayam, sayur,dll),
mungkin dari makanan yg saya makan ya jadi pemicu alerginya? soalnya di
rumah gak ada gorden, gak ada karpet, gak ada bantal kursi, seprai juga
rutin di ganti.
kt dsa nya sih, anakku alergi susu sapi, jadi aku gak konsumsi segala
sesuatu yg berhubungan dengan susu sapi, even keju sekalipun, dan dsa nya
juga nyaranin aku gak konsumsi kacang tanah, jadi aku gak pernah makan2an
yg mengandung kacang tanah, tapi kog masih alergi?? katanya kalo alergi nya
dibiarkan bisa menjadi asma ya?? gimana nich? please masukannya lagi
dong...

            "Sylvia
            Radjawane"
            <sylvia.radjawane                                          To
            @gmail.com>               balita-anda@balita-anda.com
                                                                       cc
            21/05/2008 12:21
                                                                  Subject
                                      Re: [balita-anda] Tanya : Bayi
            Please respond to         Alergi
            [EMAIL PROTECTED]
               a-anda.com

Hi mbak Yantie,

Sudah coba ambil waktu untuk lebih observe si kecil, mbak? Mis. kapan
aja rash di kulitnya muncul, habis makan apa atau waktu cuaca lagi
bagaimana, cermati lagi lingkungan kamar/rumah/tempat yang sering
dikunjungi si kecil.

Bayi usia 9 bulan pasti lagi asyik2 nya cobain variasi segala jenis
makanan/minuman.  Apa mungkin dipicu dari makanan/minumannya, mbak?
Apalagi kalau papanya memang alergi debu, apa rash selalu muncul kalau
si kecil sudah merasakan 'atmosfir' debu di sekitarnya?
Cermati lagi apa mungkin karena konsumsi susu formulanya? Mungkin bisa
coba merk sufor lainnya dan lihat efeknya.

_Tiriz_ (_Cetirizine HCl_) memang salah satu jenis obat anti histamin.
Namanya 'anti-histamin', so khasiatnya untuk mengurangi kerja zat
kimia histamin dalam tubuh yang bisa nimbulin gejala2 tertentu (bersin
terus, gatal, hidung meler, dll.) yang biasa disebut 'alergi'.
Saya kurang tahu efek jangka panjang dari konsumsi obat ini, tetapi
kalau baca ceritanya mbak, setelah 2 bulan konsumsi tidak ada juga
perubahan, mungkin sebelum ambil tindakan kuratif dengan obat kimia
(yang untuk kasus mbak, belum pasti khasiatnya tapi 'jelas' efek
sampingnya hehe), bisa coba lakukan tindakan preventif dengan cara
perkecil 'scope alergi': cermati lagi kapan saja rash si kecil timbul.
Kalau sudah ketahuan polanya, mulai kurangi kontak si kecil dengan
alergen tsb.  Makanya selalu dikenal istilah untuk penderita alergi :
'hindari, hindari, hindari pencetusnya' :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Dear Moms & Dads,

Mohon infonya :
Bayi saya (9 bulan) menurut DSA nya menderita alergi. Di kulitnya muncul
bintik2 kemerahan seperti digigit nyamuk dan ada ruam2 merah seperti campak
Emang sih dari riwayat keluarga, papa nya anak2 alergi debu.
Oleh DSA nya dikasih obat namanya Tiriz, yg jadi concern saya, bolehkah
obat ini dikonsumsi dalam jangka panjang?
menurut dr nya sih obat ini bisa mengurangi alerginya, tapi kog saya liat
belum ada perubahan yach? padahal udah minum obat itu sekitar 2 bulan dan
sekarang obatnya udah habis, tapi alerginya gak sembuh2.
Info tambahan, anak saya ASI ekslusif sampai umur 6 bulan, sekarang masih
ASI tetapi udah saya selingi dengan susu formula NAN HA 2 karna produksi
ASI gak cukup lagi.

<deleted>