mbak Yantie,

Sebetulnya kalau memungkinkan, mbak bisa teruskan ASI setelah anaknya lewat
usia 6 bulan ya. Apalagi sudah ada diagnosa alergi susu sapi, dan rasanya
nggak ada baby yang alergi karena ASI. Setelah usia 1 tahunan, bisa dicoba
susu sapi dengan harapan sistem imun sudah cukup kuat untuk deal dengan susu
ini.

Baca e-mail nya mbak, alergi yang muncul seputar rash/bentol2 di kulit ya.
Selama nggak ada impactnya dengan saluran pernapasan, menurut saya yang
awam, resiko asma mungkin tidak terpicu (kecuali kalau memang history
kesehatan dari mbak dan suami serta keluarga besar ada bakat asma atau si
kecil sudah terserang alergi di sistem pernapasannya sejak masih sangat
kecil, mis. hidung meler, bersin, batuk lama tanpa sebab, history sinusitis,
dll.). Asma sendiri ada mulai dari tingkat yang 'mild' sampai yang 'berat',
dan biasanya penderita bisa tahu kondisi ini setelah tahu history kesehatan
keluarga besarnya, ikut semacam test alergi, hindari segala sesuatu yang
memicu asma sampai treatment pengobatannya yang harus dijalani.

So, mungkin sekarang coba cari tahu dulu penyebab rash yang muncul karena
kemungkinan besar pasti ada pemicunya. Kalau sudah mulai bervariasi banget
makanannya, cermati satu2 bahan makanan yang ada, siapa tahu ada yang jadi
alergen.  Cermati juga apa memang ada anggota keluarga di rumah yang smoker.
Seperti yang sudah di-shared mbak Miko, tambah besar sistem imun si kecil
bisa juga tahan terhadap alergen.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

> Dear Moms & Dads,
>
> Info tambahan, anak saya ASI ekslusif sampai umur 6 bulan, sekarang masih
> ASI tetapi udah saya selingi dengan susu formula NAN HA 2 karna produksi
> ASI gak cukup lagi.
>
> <deleted>

Kirim email ke