duh mbak sylvia,
makasih banget inputnya...
tadi jam makan siang pulang ke rumah, ngecek anak2,
si aldo (adik) masih "pecicilan" kesana kemari, ingusnya udah kental
kekuningan, tadi aku kasih jeruk baby, sebelum ditinggal balik ngantor,
disusuin dulu.
tapi....si ares (kakak) kog jadi ikut2an pilek?? tadi udah meler sana sini,
masih encer sih...tapi ntar gimana ya..duh bisa pingpong nih virusnya..
apa sebaiknya pisahin tidurnya (selama ini mreka masih tidur sama mama
papanya), tapi kalo misahin tidurnya, tapi siangnya tetep main bareng sama
aja kan?? duh jadi bingung lagi... :(

oya mbak, nanya lagi, NaCl itu utk melegakan pernafasan? Gimana cara
pakenya?
Dijual bebas ya?

             "Sylvia
             Radjawane"
             <sylvia.radjawane                                          To
             @gmail.com>               balita-anda@balita-anda.com
                                                                        cc
             04/07/2008 13:09
                                                                   Subject
                                       Re: [balita-anda] Nanya Obat Pilek
             Please respond to
             [EMAIL PROTECTED]
                a-anda.com

Hi mbak Yanti,

Yang sedang pilek Aldo, mbak? Sekarang ini masih 'pecicilan' nggak dia di
rumah?

Sekadar sharing, untuk penanganan pilek - 'obat pilek' dan 'konsultasi
dokter' dibutuhkan kalau hasil penanganan non-obat (home treatment) tidak
juga membaik.  Untuk kasus anak mbak, masih di bawah usia 1 tahun, masih
ASI, dan asumsi saya nggak lagi 'sulit' makan, infeksi virus pilek bisa
tetap jadi 'prime suspect'.  Kembali ke basic rule: virus hanya bisa
dibasmi
oleh daya tahan tubuh yang kuat (yang untuk kasus anaknya mbak, tinggal
ditambah istirahat cukup karena sudah OK untuk makanan dan ASI-nya).

Semua 'Obat pilek' semacam _Alco_ cuma berfungsi sebagai decongestan nasal
alias dia 'berkhasiat' karena dia berbuat something dengan pembuluh darah
di
area hidung.  Dia hanya membantu menyamankan gejala, tidak menyembuhkan
penyebab pilek atau mempercepat kesembuhan. Dengan kata lain, home
treatment
pun bisa 'ngambil alih' khasiat 'obat pilek' semacam ini cuma keuntungannya
home treatment tidak membawa 'chemicals' ke dalam tubuh :)

Kalau si kecil tetap aktif dan tidak lesu (paling bunyi 'srot' sana 'srot'
sini, atau tetap ketawa-ketawa tapi hidungnya 'meler'), orang di rumah,
termasuk sang kakak, sedang tidak flu juga, home treatment tetap bisa
diandalkan, mbak.  Paling, kalau tidur malam biasanya agak lebih rewel
karena mungkin cuaca dan suhu kamar yang dingin sementara hidungnya lagi
'buntu'.  Kalau sudah begini, tinggal buat posisi tidur yang lebih nyaman
(bantal ditinggikan, tidur dimiringkan), olesi badannya dengan balsam bayi
(mis. _Transpulmin baby_), kasih _Breathy_  (komposisi _Breathy_ hanya NaCl
yang mirip cairan tubuh) kalau hidung agak tersumbat, mbak stand-by dengan
ASI (pengalaman saya, anak sakit selalu lebih senang disusui).

Biasanya kalau home-treatment dijalankan terus, anak mulai akan recover.
Nggak heran juga kalau sudah mulai timbul ingus hijau (green-runny nose).
Nggak usah cemas, itu justru tanda pileknya mulai membaik. Waktu virus
menyerang si kecil, hidung akan produksi lendir untuk membersihkan, yang
biasa dikenal dengan fase 'hidung meler'.  Beberapa waktu kemudian, sel2
imun tubuh (yang diperkuat oleh hasil home-treatment) akan 'beat' the virus
- mengubah lendir jadi berwarna putih/kuning -- dan karena bakteri baik
dalam hidung 'ikut campur' juga, lendir bisa jadi berubah kehijauan. Ini
pertanda baik karena masa recovery akan segera tiba.

Makanya kalau di rumah salah satu anak saya ada yang kena flu/batuk/radang
tenggorokan, pertanyaan 'klise' yang selalu diajukan: 'Gimana, masih main2
nggak dia sekarang? sudah makan/minum apa? Habis main, bujuk tidur dulu
sebentar, ya' , 'Lagi nggak mau makan, tanyain mau makan apa? ...dll..
dll...

Tuh kan jadi panjang ... :)
So, intinya coba dulu observe dan lakukan home treatment. Beri kesempatan
sistem imun tubuh si kecil sendiri yang 'unjuk gigi' :)

Hope he'll be better soon ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

2008/7/4 <[EMAIL PROTECTED]>:

> Dear Moms,
>
> Nanya dong,
>
> anak aku sekarang lagi pilek, di rumah ada obat ALCO,
> kalo aku mau ngasih, dosisnya berapa ya?
> dia udah umur 11 bulan, berat 9,4 kg. Oya, anakku masih minum ASI, selain
> makan bubur tim.
> apa perlu vitamin juga? selingannya sih aku masih kasih buah ; jeruk,
> pepaya, apel, pisang, dll...
> atau ke dokter aja ? cuman takut dikasih obat macem2 nich...
>
> please masukannya dong moms...
>
> thanks banget sebelumnya
>
> yantie
> [...]

This e-mail (including any attached documents) is intended only for the
recipient(s) named above.  It may contain  confidential or legally
privileged information and should not be copied or disclosed to, or
otherwise used by, any  other person. If you are not a named recipient,
please contact the sender and delete the e-mail from your system.