salam kenal untuk semuanya, sekedar info saya juga baru 5bulan tinggal di
negara kaisar akihito ini, itu juga karena suami berkesempatan untuk
melanjutkan studinya di osaka university. memang dari segi pendidikan hingga
SD mereka diajarkan norma2 dan sebagainya, tpi jangan harap memasuki
setingkat SMP akan tetap menjadi anak manis. disini usia SMP anak diberi
kebebasan untuk melakukan apapun. orang tua hanya mengarahkan saja, dan
untuk tingkat SMU mereka dibebaskan untuk melakukan seks bebas,
Nauzubillah... jadi jangan heran jika melihat anak seumur SMP dan SMU masih
berkeliaran tengah malam. disini juga ada yang namanya gank2 seperti di
indonesia, bedanya mereka hanya untuk kesenangan tanpa mengganggu
kepentingan umum. sempat beberapa minggu yang lalu suami saya pulang dari
lab sekitar jam 3 pagi waktu setempat dan sempat sepeda suami bertabrakan
dengan salah satu anggota gank tersebut, klo di indonesia pasti sudah dapat
ditebak apa yang akan mereka lakukan terhadap suami saya (mungkin suami saya
sudah masuk di kolom kriminal or masuk di buser or sergap) namun mereka
dengan nada menyesal mengucapkan sumimasen (maaf) berulang-ulang.

namun diantara kebebasan-kebebasan tersebut yang saya perhatikan mereka
berani untuk mengambil sikap, bedanya dengan anak indonesia seusia mereka,
banyak yang berani berbuat tapi enggan dan tidak thu arti tanggung jawab.
berapa banyak kasus hamil di luar nikah di negara kita, dan kita perhatikan
dari para pelakunya...

disini penjualan vcd porno sangat ketat, berbeda di indonesia yang dapat
dibeli di emperan dengan harga 10000 dapat tiga lagi. tempat penjualn nya
pun berbeda untuk jenis2 blue film -maaf dijual ditempat khusus dan hanya
yang telah berumur 18+ yng boleh masuk, jadi ada semacam kartu langganannya
gitu, dan jika ruangannya menyatu pasti ada kain hitam untuk menutupinya dan
penjagaanny ketat, berbeda dengan tempat2 penjualan vcd di indonesia, apalgi
melakukan adegan mesum sperti diwarnet2 di negara kita.

saya jadi teringat dengan pengharaman rokok oleh MUI dengan salah satu
alasannya adalah melindungi anak2 di bawah umur. tanpa bermaksud untuk
membahas masalah keharaman dan kehalalannya saya disini hnya sebagai wacana
saja. di jepang baru2 ini ada peraturan tegas bagi para perokok mereka yang
akan membeli rokok harus memiliki kartu khusus dan dijual di finding machine
di jalan, dan untuk mendapatkan kartu tersebut persyaratnny macam2 dan
diurus oleh balai kota (syakusho). dan ketika ada peraturan tersebut mereka
(nihonjin) tidak protes or keberatan, berbeda dengan di indonesia kan, MUI
baru mengeluarkan fatwa haram tpi tanggapannya bermacam-macam.

ya itulah sedikit sekali yang saya ketahui tentang jepang ini, bagaimana pun
"hujan emas di negara orang, lebih baik hujan batu di negeri sendiri"

maaf jika kurang berkenan
rgds
ummu fatih