Normal Mbak, umur segitu memang masih main-main.
Jangan dimarahin Mbak nanti anaknya bisa trauma , malah nantinya mogok gak mau megang pensil lagi. Setiap anak itu unik. punya kelebihan masing2, gak bisa disamain / dibandingin, ada yg punya kelebihan di menggambar mewarnai, ada yg di matematikan, ada yg di musik, dsb. Malah disekolah anakku waktu ada pertemuan ortu diberitahu jangan suka membandingkan anak2, jangan memaksa anak memegang pensil dengan benar. Untuk mempermudah anak, berikan pensil yang agak besar jangan yang kecil, latih motorik halus anak misalnya dengan bermain pasir, dough, meremas kertas, dsb.

----- Original Message ----- From: "ria-risha" <rfitrian...@yahoo.com>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, January 12, 2009 4:32 PM
Subject: [balita-anda] anakku susah banget diajarin--please share

Dearest moms dads...

setelah sekian lama..br skrg nih posting lagi di BA..hehehe..krn lagi ada yg mau ditanyain..

anakku maritza skrg 3 taun..blm aku sekolahin, mungkin taun ini mau kumasukkin PG..tp aku punya ketakutan ato aku tlalu paranoid ya?

1. anakku belom bisa megang pinsil ato pulpen dgn bener, kalo diajarin pasti bilang "risha gak bisa bunda"..gituu..sampe kdg2 aku marahn krn kesel

2. kalo angka2 dan huruf juga warna dia udah bisa...

yg mau aku tanyain buat anak umur 3 taun harusnya udah bisa apa aja ya?normally aja...aku takut krn ponakanku umur 3,5 taun..cuma beda 6 bln dr risha udah bisa gambar2...jadi takuttt..tolongin yaa sharenya!..tks:)

Warm Regards,
-Riyut-
'Lifehas to be an incessant process of repair and reconstruction, of discarding eviland developing goodness"