anak saya yang kedua juga sama, pas umur 5 taun belom bisa baca
soalnya ibunya yang males ajarin, dan kurikulum di sekolah TK-nya kan memang
pengenalan huruf dan angka.
emang waktu itu putra saya sekolah juga ikut-ikutan karena kakaknya sekolah
dan dia bosen dirumah cuman sama adek bayinya.

sampe pas masuk SD umurnya  6 tahun kurang, dan memang kurikulum sekolahnya
baru diajarin baca, alhamdulillah setelah 1 bulan duduk di bangku SD, putra
saya dah lancar baca.

jadi ndak perlu terlalu khawatir bu, soalnya dengan kurikulum SD pun anak
kita akan bisa baca kok. apa lagi kan di tv suka ada tulisan nah biasanya
kita pas nonton tv suka baca tuh tulisan. trus klo pas ngegame pake pc kan
juga suka ada tulisannya, awal2 tanya ma si kakak, lama2 juga tau itu
tulisan apa.

oy, sebagai info kami tinggal didesa dengan penduduk anak2nya sedikit , jadi
sekolah SD maupun TK muridnya perkelas ndak sampai 20 orang. Jadi asal anak
mau sekolah, diterima ma sekolahnya.

soal minat bacanya ntar ngikut kebiasaan dirumah kok.
anak saya yang sulung pas umur 1th lebih saya rajin beri flash card, 5 detik
2 kali sehari ;) jadi pas usia 3th dah pinter baca
sedang yang ke dua ndak saya beri flashcard samsek (soalnya saya mulai
repot, jadinya soal belajar baca saya biarkan mengalir aja, dan juga mulai
khawatir soalnya si kakak sangat hobby baca, tiap pagi dah baca koran duluan
tau ada apa disekitar, rasanya terlalu tua buat usianya. Alhamdulillah
sekarang dah mulai main layang2 sama adeknya)
sekarang keduanya hobby baca, dan sering gantian bacakan buku cerita buat
adeknya. cari jawaban pertanyaannya pake gogle. dan tetap bermain seperti
harusnya anak-anak. Meski memang si adek ndak sepinter kakak sulung pas
disekolah yang selalu ranking.

buat saya yang terpenting anak2 menikmati sekolahnya, jadi orang yang
bahagia, percaya diri, ndak minder, bisa bergaul dengan baik, mandiri,
smart, punya empati pada sesama, dan bermanfaat buat sesamanya... amiin

--
Tetap semangat

Rhein Astrisandy
http://www.cintabunda.com/