From: Rita S <rsetiyaw...@gmail.com>
Date: Thu, 8 Jul 2010 12:10:12
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Puasa & Menyusui
Bunda,

Menarik sekali tulisan bunda. Salut buat bunda yg tetap berusaha berpuasa
walau sdg menyusui (ASIX lagi) apalagi dgn smua pekerjaan RT yang memerlukan
aktivitas fisik tinggi. Trik2nya boleh juga, sy pengen coba puasa hamil
trimester 3 ini.. doakan bisa ya..   (Ada yg punya tips2 nggak ? )

******************************

Berpuasa ataupun tidak berpuasa bagi orang2 yang telah diberikan keringanan
melalui nash Qur'an dan Al Hadits adalah sebuah pilihan. Masing2 dengan
konsekuensinya, bagi yang mampu berpuasa bagus, bagi yang berat untuk
berpuasa dan mengambil keringanan dari Alloh dgn mengganti baik itu fidyah,
qodho atau fidyah+qodho sekaligus (ini ikhtilaf ulama dalam mengambil
istinbat suatu hukum) dan inipun juga sesuai kadar keilmuan kita untuk
mengambil pendapat yang mana yang lebih kuat dari berbagai ikhtilaf yang
ada.

Sekedar tambahan saja, untuk yang ini :

" gimana seandainya hukumnya puasa wajib buat ibu menyusui (termasuk yg
ASI-X)...

dan jk tdk berpuasa wajib mengganti di luar Ramadhan dg membayar Fidyah

dan mengganti puasa juga...

Hihihih..kog malah dobel2 ya, udah harus ganti puasa, harus bayar fidyah
juga.

Padahal ibu menyusui kan gak cuma puasa 1th, tapi kalo bisa kan sampe 2 th

Nah, kalo ketemu puasa lagi tahun depannya, kapan waktunya ganti puasa ya? "

untuk pertanyaan diatas terkait dgn ibu2 yang mengambil pendapat ulama yg
mewajibkan qodho+fidyah sekaligus or qodho saja, padahal bisa jadi hampir
tiap 2thn sekali melahirkan anak shg waktu qodho pun akan susah ditemukan
krn beratnya kondisi ibu karena tahun ini hamil tahun depan menyusui tahun
depannya lagi hamil tahun depannya menyusui dst misalnya (subhanalloh) ...

maka alhamdulillah saya pribadi pernah mengikuti kajian ilmiahnya dan
mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut, bahwa membayarnya sesuai dengan
kemampuan si ibu tersebut sampai si ibu memliki kemampuan untuk membayarnya,
berdasarkan nash " fattaqulloha mastatho'tum" .. bertakwalah kalian kepada
Alloh dengan semampu kalian..

tentunya dgn catatan, si ibu tidak lalai dalam hal hitungan "hutang
puasa"nya (bener2 dicatat) dan setiap ada kemampuan bayar langsung bayar
(tidak bermudah2an). Jika qodarulloh, catatan hutang puasa si ibu masih ada
dan belum terbayar hingga si ibu meninggal, maka kewajiban ahli warisnya
untuk membayar hutangnya/qodhonya tersebut.

wallohu a'lam bish showab..

Rita

--
Ummu Faishol 'Abdurrahmaan