Dear All,

Sekedar berbagi saja pengalaman. anak saya mengikuti jarimatika mulai di kelas
1 SD, karena selain "diwajibkan" oleh sekolah (lagi2 karena "bisnis"
barangkali),  awalnya menurut sy mungkin bagus juga  membantu stimulasi otak
untuk perhitungan matematika.

Anak saya memang bisa cepat untuk menghitung penjumlahan (level1), akan tetapi
setelah saya tes dengan hitungan aktual dengan soal cerita sederhana, sama
sekali tidak bisa mengerti konsep perhitugannya.

Akhirnya sy coba ke anak tetangga yg sudah kelas empat, sy tes dengan
penjumlahan level 1, jawabnya malah ngaco. (barangkali  karena  anaknya bukan
jarimatikanya???)

Setelah sy amati anak saya, saya pribadi berpendapat (terlalu dini menyimpulkan
mungkin), jarimatika memang baik untuk anak2 yang sudah memahami konsep dasar
perhitungan penjumlahan dst, akan tetapi sangat tidak cocok jika anak belum
memahami konsep dasar, tiba2 harus berhitung abstrak dengan cara cepat
menggunakan jari. (bukan menghitung dengan jari cara konvensional)

Akhirnya saya dengan pelan2 berbalik ke jaman baheula  menggunakan lidi untuk
menanamkan konsep dasar perhitungan. sekali konsep dasar aktual, bukan langsung
cara cepat hitung abstrak.

Setelah googling tyt juga cara  perhitungan cepat dengan jari banyak ragam
metodenya.

Sekedar sharing saja, tidak ada maksud sedikitpun menghambat atau bahkan
negative market Jarimatika. Mungkin memang seorang  anak bisa cocok dengan
metode A tetapi tidak bisa dipaksakan anak yang lain mengikuti Metode A tsb.

Thanks
Salam,

ahmad R