halo mbak indah
maaf belum bisa posting artikel, inetnya lagi lemothhh

ada emungkinan anak mbak memang terkena cacar air, karena gejalanya ada
demam dan keluar bentol2 (asumsiku keliatan berisi  cairan ya?)

cacar air ini untuk abak2 bisa dibilang bukan penyakit serius (lain kalau yg
kena wanita hamil, remaja.dewasa, atau orang yg sedang ditreat dengan
steroid).. dan treatment yang telah mbak lakukan (parasetamol, dan perbanyak
minum) udah tepat...

anak bener2 diisitirahatkan ya... play low-activities aja seperti membaca,
dan semacamnya. Buat anak2 yang sehat (anak mbak Indah saya yakin salah satu
diantaranya), penyakit ini akan hilang tanpa perlu dirawat di rumkit :)

sifat penularannya adalah konak langsung dengan penderita, dan dari liur
yang keluar dari bersin atau batuk. Dari 2 hari sebelum spot keluar sampai
dengan semua spot mengering, masih sangat menular.

apakah anak mbak sudah pernah divaksin varicella? kalau sudah, insya Allah
akan lebih ringan efeknya dibanding anak2 yang belum pernah di vaksin
varicella..

yang juga harus mbak perhatikan adalah komplikasi. Kalau terjadi hal2
dibawah ini, segera ke dokter ya:

- bintil2 terjadi didalam mata
- nafas telihat sesak
- batuk makin parah
- muntah2

skg yg bisa mbak lakukan dirumah adalah:
- potong pendek semua kuku anak, supaya kalau kegaruk tidak menimbulkan
luka, kalau perlu selama tidur, pasang sarung tangan.
- Mandi berendam dengan baking soda sedikit... atau bis apakai oatmeal.. ini
bisa ngurangin rasa gatal... lalu beri bedak caladine (lotion)
- parasetamol saat demam.
- beri makanan yang lembut..

Mohon maaf kalau belum banyak membantu ya mbak.. silahkan kalau ada yang mau
ditanya lagi...
nanti say akirim artikel2nya kalau udah bagus koneksinya..

-b-