c <http://www.drarief.com/cacar-air-bahaya-nggak/>acar air?? bahaya gak?

http://www.drarief.com/cacar-air-bahaya-nggak/

saya banmtu dg artikel ya, mbak..

http://www.drarief.com/cacar-air-bahaya-nggak/

Cacar Air, dalam bahasa Inggris disebut sebagai*Chickenpox*, atau dalam
bahasa kedokteran disebut sebagai*Varicella*. Penyakit yang sangat menular
ini disebabkan oleh virus bernama *Varicella Zooster Virus* (VZV).

Penyakit ini punya gejala yang khas, muncul biasanya di tubuh bagian tengah
dulu, kemudian ke kepala dan tangan serta kaki. Keluhannya mula-mula timbul
gatal dan muncul gelembung kecil-kecil seperti jerawat yang disebut *vesikel
*. Bila tidak sampai pecah, kelainan kulit ini dapat sembuh sempurna tanpa
bekas.

Masa penyerangan virus ini adalah 10 – 21 hari (2 – 3 minggu), dan menyebar
melalui jalur udara, melalui mekanisme droplet (butiran mikroskopik) yang
berasal dari saluran napas seseorang yang terinfeksi penyakit ini kepada
orang lain. Penyakit ini juga dapat menular melalui kontak langsung dengan
cairan dalam gelembung di kulit penderitanya. Seseorang yang pernah
mengalami cacar air biasanya memiliki kekebalan seumur hidup terhadap cacar
air…. tapi sialnya penyakit ini bisa kambuh kembali dalam bentuk penyakit
lain. Seperti nama virusnya, varicella-zooster virus, seseorang dapat
terjangkit kembali di kemudian hari bukan dalam bentuk cacar air
(varicella), melainkan dalam bentuk herpes.

Penyakit ini jarang berakibat fatal, dan sering lebih berat gejalanya pada
orang dewasa dibandingkan pada anak-anak. Wanita hamil dan orang-orang yang
memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuhnya memiliki resiko komplikasi
serius yang lebih besar.

Seseorang dapat tertulari penyakit ini melalui kontak langsung dengan udara
yang mengandung droplet virus dari bersin atau batuk seseorang yang terkena.
Bersentuhan dengan cairan dalam vesikel kulit penderita juga bisa tertular.
Seorang yang menderita cacar terutama sangat menularsejak hari pertama
hingga hari ke lima sebelum munculnya bisul kecil-kecil berisi cairan di
kulit.

Kelainan kulit pada penyakit ini dimulai dengan benjolan kemerahan
kecil-kecil berdiameter 2 – 4 mm yang tepinya tidak rata. Dari puncak
benjolan itu kemudian muncul lapisan tipis berisi cairan seperti tetesan
embun. Meski tampaknya indah (seperti tetesan embun [image: :)] ), tapi
tentu penderitanya tidak nyaman dengan penyakit ini.  Tampilan seperti ini
(benjolan kemerahan + dinding tipis berisi cairan + tepinya tidak rata)
adalah *ciri khas* cacar air. Kira-kira dalam 8 – 12 jam kemudian cairan
jernih dalam benjolan tadi akan berangsur-angsur menjadi keruh, kemudian
dinding tipisnya akan kempis, meninggalkan bekas luka. Penting diingat bahwa
cairan jernih di dalam gelembung ini berisi virus yang sangat menular, namun
setelah kempis (dengan sendirinya) tidak lagi dianggap menular. Nah,
pertanyaannya adalah berapa lama siklus gelembung ini akan berakhir ?
Biasanya terjadi dalam 7 hari, dan terkadang meninggalkan bekas mirip kawah
gunung berapi (tanpa api tentunya [image: :)] ) Sayangnya,
gelembung-gelembung baru akan terus-menerus muncul setiap hari hingga rata,
jadi seorang penderita cacar air akan mengalami suatu waktu dimana pada
kulitnya ada gelembung yang baru timbul dan ada juga gelembung yang baru
kempis. Seorang anak yang menderita cacar air sebaiknya tidak sekolah hingga
seluruh kelainan kulitnya kempis. Untuk terjadinya penularan, seseorang
tidak harus melakukan kontak fisik dengan penderita. Seseorang yang
terjangkit dapat menulari orang lain sebelum mereka mengetahui bahwa dirinya
sakit (misalnya sebelum kelainan kulitnya keluar).
Bagaimana dengan ibu hamil dan bayi ?

Seorang ibu hamil yang belum pernah terkena penyakit cacar air, dan dia
tidak menderita penyakit gangguan imunitas lainnya; bila ia terjangkit
penyakit cacar air, virus di tubuh ibunya dapat menulari bayi dalam
kandungannya melalui placenta. Penting untuk diingat : bila infeksi terjadi
dalam 28 minggu pertama kehamilannya dapat terjadi sebuah kelainan
bernama *congenital
varicella syndrome* atau *fetal varicella syndrome*(sindroma cacar air pada
bayi dalam perut ibu). Efek dari penyakit ini bagi sang bayi bermacam-macam
tingkat bahayanya, yaitu :

   - Kerusakan otak : ensefalitis (radang otak), mikrosefal (perkembangan
   otak terhambat, sehingga otaknya menjadi kecil), hidrosefal (gangguan
   sirkulasi cairan otak, sehingga otaknya menjadi besar), aplasia otak, dan
   lain-lain.
   - Kerusakan mata : mikro-oftalmik (ukurannya kecil), katarak,
   korioretinitis, gangguan saraf mata, dan lain-lain.
   - Gangguan saraf : kerusakan saraf spinal (tulang belakang), gangguan
   saraf motorik (penggerak) dan sensorik (perasa), hilangnya reflex, sindroma
   Horner, dan lain-lain.
   - Kerusakan tubuh : kegagalan pembentukan tungkai tubuh (jari, tangan,
   kaki), gangguan anus dan otot kandung kencing, dan lain-lain.
   - Gangguan kulit : timbul jaringan parut (seperti luka dalam), gangguan
   warna kulit, dan lain-lain.

Infeksi bayi pada usia tua kehamilan atau sesaat setelah lahir disebut
sebagai varicella neonatus. Pada usia kehamilan yang lanjut infeksi cacar
air beresiko menimbulkan kelahiran prematur.