Dear Mbak Laksmi,

Mau menambahkan aja info dari Mbak Vannie untuk sunat dini.

Anakku juga waktu itu fimosis dan disunat di usia 2 bulan.
Cuma, metodenya bukan dengan jahitan, tapi pake metode smart clamp. Jadi
menggunakan semacam penjepit, sebagai pengganti jahitan.

Enak banget pake metode ini :-) Anakku tetap bisa pake diapers, pipis,
mandi seperti biasa.. Hanya ada perlu perawatan khusus dengan betadine dan
pembersihan khusus karena masih ada clamp-nya selama 5 hari..

Kabarnya, di luar negeri pun anak bayi laki2 sudah langsung disunat ketika
lahir.
Dan di Arab serta di beberapa daerah di Indonesia, yang aku tahu di Jawa
Timur, memang membiasakan sunat ketika bayi.

Jadi, dari sisi kesehatan, sebenernya aman-aman aja kok Mbak..
Semoga anaknya cepat pulih dari perawatan sunatnya yaa..

Oya, kalau sempat browsing, berikut tulisanku tentang sunat usia dini dan
metode smart clamp..

http://carik-catatan.blogspot.com/2011/09/sunat-anak-laki-laki-ketika-bayi-apa.html
http://carik-catatan.blogspot.com/2011/09/sunat-dengan-metode-smart-clamp.html

Untuk pusar berdarah, aku ngga punya pengalaman, tapi kalo kata DSA baik2
aja, semoga baik2 aja ya Mbak Laksmi..

Tetap semangaaaaat :-)

--
Meutia