From: niken dhamayanti <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Tuesday, December 30, 2003 10:36 AM
Subject: Re: [balita-anda] belajar bahasa kedua (was : Cari playgroup->Jkt
Islamic School)

>Yup, tepat sekali, contohnya anak saya bisa 2 bahasa (walaupun masih
terbatas) padahal umur dia baru 2,2 tahun.
>Dan anak bos saya usia 8 tahun, menguasai 3 bahasa sekaligus.
>Kebetulan tutor saya adalah bos saya sendiri.
>Coba kita lihat sekitar kita, sebetulnya kita juga bisa bahasa macam-macam
kan, apalagi yang dibesarkan dalam multikultur. Kita lihat banyak anak-anak
yang sudah memahami bahasa sunda, jawa atau bahasa daerah lainnya. Hanya
kebetulan trendnya sekarang ke bahasa asing saja. Jadi jangan kawatir dalam
hal mengajarkan berbagai macam bahasa kepada anak.
> [...]
>yang berfungsi spt kamus, namanya Broca's area(ditemukan oleh Prof. Broca).
>Daerah ini paling optimal perkembangannya selama 6 thn pertama kehidupan
>anak. Kita bisa lihat di negara2 Eropa, anak kecil itu bisa bicara dalam 2
>atau 3 bahasa.
>Jadi, sebenarnya, kalau menurut pendapat saya, nggak apa2 anak
diperkenalkan
>dengan bahasa kedua, selama dia enjoy belajar, karena kan, utk anak, lebih
>baik kita menerapkan belajar sambil bermain. O ya, saya punya grafik
>perkembangan intelektual anak. Yang berminat, japri ya.

Pilar