Mba,
Aku mau dong grafiknya,..

Thx.

-----Original Message-----
From: Renie Yugistiningsih [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, December 30, 2003 11:27 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] belajar bahasa kedua (was : Cari playgroup->Jkt
Islamic School)

Mbak,
sepengetahuan saya, otak anak itu sangat luar biasa. Para ahli
mengatakan bahwa usia  balita adalah THE GOLDEN AGE,  usia yang luar
biasa bagi perkembangan intelektual dan kreatifitas anak. Bahkan menurut
penelitian, pada umur  0-4 thn, perkembangan intelektual anak itu 50%
orang dewasa. Makanya, nggak heran kalau anak akan mudah menyerap apa
yang didengar/diajarkan kita. Dari buku2 yang saya baca, memperkenalkan
bahasa kedua ke anak sejak awal adalah saat yang tepat. Kemampuan
belajar bahasa asing paling tinggi sejak kelahiran hingga usia 6 thn.
Hal ini karena, di otak kita itu ada daerah yang berfungsi spt kamus,
namanya Broca's area(ditemukan oleh Prof. Broca). Daerah ini paling
optimal perkembangannya selama 6 thn pertama kehidupan anak. Kita bisa
lihat di negara2 Eropa, anak kecil itu bisa bicara dalam 2 atau 3
bahasa. Jadi, sebenarnya, kalau menurut pendapat saya, nggak apa2 anak
diperkenalkan dengan bahasa kedua, selama dia enjoy belajar, karena kan,
utk anak, lebih baik kita menerapkan belajar sambil bermain. O ya, saya
punya grafik perkembangan intelektual anak. Yang berminat, japri ya.

Bundanya_shafazahira