kalau aku sih kagum pada masyarakat jerman, mereka tetap menggunakan
bahasa jerman sebagai bahasa utama, tanpa membatasi warganya menguasai
english. beda dengan belanda kita bisa sekolah kesana cukup dengan menguasai
english, kalau ke jerman harus menguasai jerman karena bahasa utama mereka
ya jerman.

  jadi aku sih nangkep maksud pak hepi, kira kira begini jangan sampai kita
merendahkan bahasa indonesia. belajar bahasa dan apapun is a must, krn apa?
krn kita hidup di dunia dengan beragam bahasa.

  belajar bahasa dan belajar apapun pada anak harus fun dan tidak
membebankan, bisa kok belajar bahasa sambil belajar budi pekerti, setidaknya
aku waktu kecil belajar bahasa arab ya sambil belajar budi pekerti, ibadah
dll. aku sampai saat ini memang masih mencari pola mengenalkan english ke
reva, krn aku nggak mau dia terbebani dan merasa bingung mau menyampaikan
pendapat dalam bahasa apa. jangan salah loh anak bisa stress, jadi aku
pribadi memilih menghindari anak stress di usia dini krn belum mampu
menguasai emosinya.

  justru kita seharusnya kita punya tekad suatu saat bahasa indonesia masuk
menjadi salah satu bahasa universal. dengan kita menguasai bahasa lain
apalagi yang berlaku universal bisa dijadikan sarana mengenalkan bahasa dan
kebudayaan indonesia ke bangsa lain.

  salam

  bunda reva